Kamis 06 Aug 2020 08:01 WIB

Samsung Umumkan Galaxy Z Fold 2 dengan Layar Lebih Besar

Galaxy Z Fold 2 baru menandai penyegaran besar pertama Samsung untuk ponsel lipat.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Dwi Murdaningsih
Samsung galaxy Z Fold2
Foto: samsung
Samsung galaxy Z Fold2

REPUBLIKA.CO.ID, SEOUL-- Samsung secara resmi mengumumkan Galaxy Z Fold 2 di acara Unpackednya, Rabu (5/8). Perangkat ini menjadi penerus Galaxy Fold tahun lalu dengan sistem kamera baru, layar eksternal lebih besar dan hole punch camera yang memberikan model baru jauh lebih elegan dan kohesif daripada aslinya.

Galaxy Z Fold 2 baru menandai penyegaran besar pertama Samsung untuk ponsel lipat andalannya dan terlihat membaik pada hampir setiap kekurangan model aslinya. Galaxy Z Fold 2 memiliki layar berukuran 6,2 inci yang menutupi seluruh bagian depan ponsel.

Baca Juga

Ini membuatnya jauh lebih berguna tanpa harus membuka layar yang lebih besar. Layar utamanya pun lebih besar, yakni 7,6 inci. Dilansir dari The Verge, Kamis (6/8), sudut berlekuk aneh yang merusak sudut kanan atas panel interior fleksibel juga hilang, digantikan hole punch camera yang tidak terlalu mencolok dan memakan ruang jauh lebih sedikit pada layar lipat OLED.

Layar tersebut sekarang dapat digunakan hingga maksimal dan memiliki kecepatan refresh 120Hz. Spesifikasi internal juga mendapatkan peningkatan, yakni Z Fold 2 diatur untuk menampilkan prosesor Snpadragon 865 Plus terbaru dari Qualcomm.

Seperti Galaxy Z Flip, Z Fold 2 beralih dari layar plastik yang rapuh, ke kaca ultra tipis. Samsung juga membawa mode fleksibel dari Z Flip, memungkinkan Z Fold 2 digunakan dengan konfigurasi terbuka dan berdiri di atas meja.

Ponsel ini secara keseluruhan lebih tipis (tebalnya 6mm) dan memiliki celah yang lebih tipis di antara layar-layarnya membuatnya lebih mudah masuk ke dalam saku. Samsung juga mengatakan telah merekayasa ulang engselnya untuk daya tahan yang lebih baik.

Engsel juga memiliki fitur yag disebut sebagai “sweeper” , yang menggunakan serat elastis untuk membersihkan debu atau kotoran dari engsel guna mencegah kerusakan pada layar. Pertanyaan terbesar saat ini adalah seberapa tahan lama Galaxy Z Fold 2 nantinya.

Fold asli tertunda selama berbulan-bulan setelah unit tinjauan pertama dari ponsel mulai gagal karena kerpauhan panel yang tertutup plastik. Samsung akhirnya merilis Fold setelah meluangkan waktu untuk merekayasa model perangkat yang lebih kuat. Namun mereka harus memperingatkan pengguna untuk menangani ponsel dengan baik, peringatan debu dan peringatan tekanan berlebihan ke layar sentuh saat mengetuknya.

Galaxy Z Fold 2 akan hadir dalam warna Mystic Black dan Mystic Brown, bersama dengan edisi terbatas Thom Browne. Samsung tidak mengumumkan tanggal rilis atau harga untuk Galaxy Z Fold 2. Kendati demikian, perusahaan menjanjikan informasi lebih lanjut tentang Z Fold 2 di acara kedua pada 1 September, ketika preorder juga dimulai.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement