Monday, 13 Safar 1443 / 20 September 2021

Monday, 13 Safar 1443 / 20 September 2021

Dominasi Spanyol-Jerman di Pentas Liga Europa

Kamis 06 Aug 2020 04:47 WIB

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Didi Purwadi

Para pemain Sevilla melakukan selebrasi usai pertandingan sepak bola La Liga Spanyol di Seville, Spanyol, Kamis (11/6).

Para pemain Sevilla melakukan selebrasi usai pertandingan sepak bola La Liga Spanyol di Seville, Spanyol, Kamis (11/6).

Foto: AP
Delapan pertandingan babak 16 besar pun digelar pada pekan ini.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Kompetisi Liga Europa kembali digelar pekan ini setelah sempat vakum selama hampir lima bulan akibat pandemi virus Corona. Delapan pertandingan babak 16 besar pun digelar pada pekan ini, termasuk empat pertandingan yang sudah dilangsungkan pada Kamis (6/8) malam dini hari WIB tadi.

Dilihat dari kompisisi tim di babak 16 besar, Spanyol dan Jerman tampak mendominasi. Jerman memiliki tiga wakil yakni Bayer Leverkusen, VfL Wolfsburg dan Eintracht Frankfurt. 

Sayangnya, VfL Wolfsburg baru saja tersingkir setelah menelan kekalahan pahit 0-3 dari Shakhtar Donetsk pada Rabu (5/8) malam. Wolfsburg sebelumnya menelan kekalahan 1-2 dari menjamu wakil Ukraina itu di leg pertama pada Maret lalu.

Spanyol dan Italia sama-sama memiliki dua wakil di babak 16 besar. Ironinya, mereka sudah harus saling ‘membunuh’ di perdelapan final. Inter Milan baru saja menjamu Getafe di leg pertama pada Kamis (6/8) malam dini hari WIB. Sementara, Sevilla baru akan bertandang ke markas AS Roma pada Jumat (7/8) malam dini hari WIB.

Dari segi persebaran gelar juara Liga Europa berdasarkan asal negara, seperti dilaporkan BBC, Inggris dan Spanyol yang mendominasi raihan trofi Liga Europa dalam delapan musim terakhir. Hanya satu kali sejak format Liga Europa diperkenalkan untuk menggantikan Piala UEFA pada 10 tahun lalu, ada tim pemenang yang berasal di luar dua negara tersebut, yaitu Porto pada 2011.

Dari wakil La Liga, Sevilla berhasil menjuarai Liga Europa selama tiga tahun beruntun, yaitu pada 2014 hingga 2016. Ada juga Atletico Madrid yang keluar sebagai juara pada 2010, 2012, dan 2018. 

Sedangkan dari wakil Liga Primer Inggris, ada Chelsea yang menyabet trofi Liga Europa pada 2013 dan 2019 lalu. Manchester United menjuarainya pada 2017. Sevilla dan United menjadi dua mantan kampiun yang masih bertahan di Liga Europa musim ini. 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA