Rabu 05 Aug 2020 23:31 WIB

Ketika Hizbullah Dianggap Simbol Melawan Zionis Israel  

Hizbullah menjadi milisi paling dominan di Lebanon.

Hizbullah menjadi milisi paling dominan di Lebanon. Ilustrasi militer Hizbullah
Foto: nowlebanon.com
Hizbullah menjadi milisi paling dominan di Lebanon. Ilustrasi militer Hizbullah

REPUBLIKA.CO.ID, Hizbullah merupakan kekuatan sayap militer di Lebanon. Hizbullah menjadi simbol kejayaan dan perlawanan Lebanon atas rezim Zionis Israel. Betapa tidak, dalam perang 2006 silam, para pejuang Hizbullah berhasil memukul mundur pasukan Israel dari wilayah Lebanon.

Perlawanan heroik para pejuang Hizbullah inilah yang menjadi inspirator generasi muda Muslim di negara Timur Tengah untuk mempertahankan kedaulatan negara mereka dari berbagai upaya invasi militer yang dilakukan oleh Israel.

Baca Juga

Para generasi muda Muslim di Lebanon, secara perlahan-lahan sudah mulai diajarkan tentang "perlawanan heroik" para pejuang Hizbullah melawan Israel. Fenomena ini berlangsung di sekolah-sekolah di daerah pinggiran di selatan Kota Beirut sejak empat tahun terakhir.   

Pengajaran mengenai konsep perlawanan sejak usia dini ini berlangsung di lembaga pendidikan, mulai dari jenjang prasekolah hingga tingkat menengah. Seperti yang dilakukan oleh seorang guru taman kanak-kanak di daerah pinggiran di selatan Beirut kepada para muridnya. 

Di hadapan murid-muridnya, guru bernama Zainab Asfur ini bertanya, Siapakah pahlawan-pahlawanmu? Anak-anak itu serentak menjawab, Mereka yang melakukan perlawanan! 

Seperti di sekolah-sekolah umum yang memberikan pelajaran agama, banyak sekolah-sekolah swasta baik yang dikelola oleh institusi Kristen atau Islam sejak usai Perang 2006 lebih banyak memberikan jam pelajaran agama dalam kurikulumnya.

 

sumber : Harian Republika
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement