Rabu 05 Aug 2020 18:56 WIB

Kemenperin Dorong Pengembangan Daya Saing Industri Kreatif

Industri kreatif berpotensi memberikan kontribusi signifikan pada perekonomian.

Rep: Iit Septyaningsih/ Red: Friska Yolandha
Fotografer memotret model yang mengenakan produk batik etnik berpewarna alami di rumah produksi Batik Hamparan Rintik, Malang, Jawa Timur, Senin (27/7).  Kementerian Perindustrian (Kemenperin) mendorong pengembangan daya saing industri kreatif dan industri desain produk.
Foto: Antara/Ari Bowo Sucipto
Fotografer memotret model yang mengenakan produk batik etnik berpewarna alami di rumah produksi Batik Hamparan Rintik, Malang, Jawa Timur, Senin (27/7). Kementerian Perindustrian (Kemenperin) mendorong pengembangan daya saing industri kreatif dan industri desain produk.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kementerian Perindustrian (Kemenperin) mendorong pengembangan daya saing industri kreatif dan industri desain produk. Sebab ini berpotensi memberikan kontribusi signfikan bagi perekonomian nasional. Apalagi saat ini berbagai produk dan desain produk nasional di sektor industri kreatif semakin diminati pasar global. 

Berdasarkan Global Industrial Design Market 2020 Research Report, nilai pasar global dari desain produk industri masih cukup besar. Pada 2019, nilainya mencapai 45,38 miliar dolar AS dan akan menembus 65,41 miliar dolar AS pada 2026.

Baca Juga

“Tingkat pertumbuhan produk industri tersebut, diproyeksi sebesar 5,3 persen pada periode 2021 sampai 2026. Ini menunjukkan besarnya peluang di sektor desain produk industri yang dapat terus dioptimalkan di tengah tantangan kondisi global, termasuk dampak dari pandemi Covid-19," kata Direktur Jenderal Industri Kecil Menengah dan Aneka (IKMA) Kemenperin Gati Wibawaningsih di Jakarta, Rabu (5/8).

Gati menyatakan, pemerintah terus berupaya memberikan ruang lebih lebar bagi para pelaku industri kreatif dan desainer nasional agar semakin aktif menciptakan beragam karya terbaiknya. Terutama yang berpotensi diminati pasar internasional. 

“Ada dua hal penting yang perlu diperhatikan, yaitu industri membutuhkan pembinaan dan apresiasi. Sehingga prioritas kami pembinaan kepada industri,” jelasnya.

Salah satu pembinaan yang dilakukan guna meningkatkan kesadaran industri terkait pentingnya suatu desain yakni Design Laboratory Bali Creative Industry Center (Design Lab BCIC). Melalui laboratorium tersebut, Kemenperin membimbing agar produk yang dihasilkan sentra industri bisa berorientasi pasar, terutama melalui ideation research value dan creation research design. 

“Upaya tersebut kami lakukan dengan memberikan pendampingan desainer bagi pelaku Industri Kecil Menengah (IKM) yang ada di sentra. Tahu lalu, kami telah mendampingi sentra IKM batik dan sentra IKM perhiasan dari Kulonprogo, DIY,” tutur Gati. 

Dengan pendampingan oleh desainer, lanjut Gati, pelaku IKM akan menemukan beragam ide baru yang dapat diimplementasikan ke desain produk mereka. Setelah itu, IKM akan diberikan fasilitas untuk pembuatan prototype desain hasil rancangannya.

Gati menambahkan, pihaknya senantiasa melibatkan akademisi dan praktisi bisnis demi memberikan pendampingan dalam meningkatkan efisiensi proses bisnis IKM. Mereka akan mendapatkan materi mengenai business opportunity, manajemen strategi, pemasaran, operasi, keuangan dan SDM.

“Keseluruhan proses tersebut diharapkan akan menghasilkan produk sentra kerajinan dan fashion berkualitas. Sekaligus berorientasi pasar atau sesuai dengan prinsi good design, reasonable price,” tuturnya. 

Hal kedua yang dilakukan Kemenperin yakni memberikan apresiasi melalui penyelenggaraan Indonesia Good Design Selection (IGDS) Tahun 2020. IGDS merupakan penghargaan tertinggi untuk desain produk industri terbaik yang diberikan oleh pemerintah kepada desainer produk industri dan atau perusahaan industri, yang tahun ini merupakan penyelenggaraan ke-17 kalinya. 

IGDS memiliki dua tujuan utama, yaitu mendorong partisipasi desainer dan perusahaan industri guna mengembangkan dan meningkatkan kualitas desain produk industri. Selain itu mengembangkan produk terbaik melalui peningkatan kualitas desain, kebaruan dan inovasi, serta berkarakter Indonesia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement