Rabu 05 Aug 2020 18:07 WIB

Aturan Baru UEFA Ini Bisa Buat Klub Kalah tanpa Bertanding

Klub diharuskan memberikan informasi soal larangan perjalanan di negara masing-masing

Rep: Eko Supriyadi/ Red: Israr Itah
UEFA
Foto: eufa
UEFA

REPUBLIKA.CO.ID, NYON -- UEFA mengeluarkan aturan baru untuk kompetisi antarklub musim depan. Klub diharuskan memberikan informasi soal larangan maupun pembatasan perjalanan di negara masing-masing ke otoritas tertinggi sepak bola Eropa tersebut. Kalau tidak, klub akan kehilangan pertandingan bahkan dinyatakan kalah 0-3.

UEFA mengatakan akan mempublikasikan larangan maupun pembatasan masing-masing negara, sebelum undian digelar. Klub wajib melapor ke UEFA soal aturan di negara tempat mereka bernaung paling tidak 48 jam sebelum undian dilakukan.

Baca Juga

"Jika klub gagal memberikan informasi ke administrasi UEFA dua hari sebelum undian, klub akan bertanggung jawab, pertandingan akan diumumkan kalah," jelas UEFA, dikutip dari ESPN, Rabu (5/8).

UEFA juga menyatakan, klub yang bertemu dengan lawan yang tak diizinkan untuk negara mereka, harus mencari tempat netral untuk laga kandang. Jika klub tak mampu mengajukan stadion yang cocok, maka tuan rumah akan dianggap kalah. Aturan ini akan diterapkan untuk babak kualifikasi dan play-off dalam kompetisi Eropa musim depan. 

Sejumlha pertandingan leg kedua 16 besar Liga Champions dan Liga Europa ditunda karena pandemi pada Maret. Laga sisa ini akan dimainkan di stadion tim tuan rumah, akhir pekan ini.

Babak perempat final dan hingga final Liga Champions musim ini akan berlangsung di Portugal. Sementara Liga Eeropa akan digelar di Jerman, keduanya dalam format turnamen mini.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement