Rabu 05 Aug 2020 17:13 WIB

5 Cara Sederhana Cegah Rambut Bercabang

Penggunaan berlebih produk penata rambut dapat merusak helai rambut.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Qommarria Rostanti
Rambut bercabang (ilustrasi).
Foto: www.freepik.com
Rambut bercabang (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Rambut bercabang terjadi ketika ujung rambut kering, rapuh, dan kusam sehingga terbelah menjadi dua bagian atau lebih. Jika tidak dirawat, rambut bercabang dapat menyebabkan kerusakan lebih parah pada rambut, pertumbuhan rambut tidak merata, dan membuat rambut terlihat tidak sehat.

Sayangnya, masalah rambut bercabang tidak mudah diobati dengan kondisioner, serum, atau sampo yang marak di pasaran dengan berbagai klaimnya. Menurut para ahli, rambut tidak memiliki kemampuan regeneratif sehingga benar-benar tidak ada cara untuk memperbaiki rambut yang rusak.

Pencegahan menjadi satu-satunya cara mewujudkan impian Anda rambut panjang yang sehat. Berikut adalah beberapa kiat sederhana untuk membantu mencegah kerusakan dan rambut bercabang seperti dilansir dari laman the Health Site, Rabu (5/8).

1. Kurangi produk kimia

Ujung rambut bercabang bisa disebabkan oleh keausan seiring bertambahnya usia. Nyatanya, penggunaan berlebih produk penata rambut, perawatan kimia, dan pewarnaan juga dapat merusak helai rambut. Jika Anda menggunakan perawatan kimia, pastikan pemakaiannya rutin dan menggunakan produk yang tepat disesuaikan dengan kondisi rambut dan kulit kepala. Hindari penggunaan produk penataan rambut yang terlalu kering seperti hairsprays.

2. Sisir rambut dengan lembut

Ingat, rambut menjadi rapuh dan rontok karena menyisirnya terlalu kencang. Jadi ketika menyisir rambut, mulailah dari bagian bawah rambut lalu ke atas untuk melepaskan simpul dengan lembut. Jika Anda memiliki rambut keriting, pastikan untuk menggunakan vitamin rambut sebelum menyisir. Semakin keriting rambut, semakin banyak kelembaban yang dibutuhkan.

3. Pangkas rambut secara teratur

Pakar rambut merekomendasikan setidaknya memangkas rambut empat kali dalam satu tahun untuk mencegah rambut bercabang dan kerusakan. Jika rambut bercabang tidak dipangkas, kerusakan malah akan terus naik ke rambut bagian atas yang masih sehat. Jadi lebih baik dipangkas bukan?

4. Rawat rambut secara rutin

Rambut Anda membutuhkan perawatan yang ekstra seperti halnya kulit. Temukan rutinitas perawatan rambut yang sesuai untuk Anda ikuti secara teratur. Gunakan sampo ringan yang bisa menghilangkan kotoran tanpa menghilangkan minyak alami kulit kepala. Jangan lupa untuk menggunakan kondisioner setelah sampo. Kurangnya kelembaban dan hidrasi yang baik dapat menyebabkan ujung bercabang.

5. Turunkan suhu panas dari alat penata rambut

Suhu panas dari alat penata rambut seperti pengering rambut, pengeriting rambut atau pelurus rambut dapat membuat rambut lebih mudah rusak. Gunakan vitamin atau serum pelindung panas sebelum rambut ditata. Pakar merekomendasikan untuk menurunkan suhu panas menjadi 285 derajat fahrenheit dan tingkatkan suhu secara perlahan jika perlu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement