Rabu 05 Aug 2020 15:24 WIB

Afzal Khan Resmi Ketuai Asosiasi Buruh Inggris

Ketua asosiasi buruh Inggris diketuai oleh Afzal Khan.

Afzal Khan Resmi Ketuai Asosiasi Buruh Inggris. Foto: Muslim di Inggris (ilustrasi)
Foto: GUARDIAN
Afzal Khan Resmi Ketuai Asosiasi Buruh Inggris. Foto: Muslim di Inggris (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, INGGRIS—Labour Muslim Network (LMN) Inggris telah menunjuk Afzal Khan sebagai ketua baru parlemen mereka. Pria asal Pakistan itu sebelumnya merupakan anggota parlemen untuk Manchester Gorton, dan salah satu anggota parlemen Muslim terpandang di pantai buruh.

Dalam sebuah pernyataan, Khan berhasil mendominasi suara untuk konstituennya di parlemen.

Baca Juga

“Kami sangat senang bisa bekerja sama dengannya secara dekat di tahun mendatang,” ujar LMN dalam pernyataan resminya yang dikutip di Daily Times, Rabu (5/8).

Sementara itu, Afzal Khan mengatakan, saat hari pengangkatannya, akan berupaya mengemban amanat dan bekerja memberdayakan anggota dengan lebih baik.

“Saya dengan rendah hati mengambil peran sebagai Ketua Parlemen untuk Jaringan Muslim Perburuhan. Saya berharap untuk mulai bekerja memberdayakan anggota kami, menangani Islamofobia, dan berkampanye untuk masyarakat yang lebih adil, lebih setara dan demokratis,” ujarnya.

Khan menjadi Wali Kota Muslim pertama di Manchester selama 2005-2006 dan ditunjuk sebagai CBE untuk kontribusi hubungan rasnya pada 2010. Khan juga menjabat sebagai Anggota Parlemen Eropa (MEP) untuk Inggris Barat Laut pada 2014 hingga 2017.

Afzal Khan diketahui telah mengangkat isu-isu Muslim yang tertindas di Kashmir, Palestina, dan Rohingya di Parlemen Inggris. Secara teratur, Khan juga selalu menyoroti masalah yang dihadapi oleh Pakistan dan komunitas etnis lain di Inggris.

Selama pandemi Covid-19, Afzal Khan mengangkat masalah orang-orang Pakistan Inggris yang terdampar di Pakistan dan karena upayanya, pemerintah Inggris mulai menyewa pesawat dari Pakistan.

LMN adalah organisasi inklusif yang berupaya mempromosikan keterlibatan Muslim Inggris dengan Partai Buruh dan dalam proses politik berdasarkan nilai-nilai bersama tentang keadilan sosial dan kesetaraan. 

LMN juga menawarkan pelatihan kesadaran Islamophobia, pembicara untuk pertemuan, pelatihan dan peluang pengembangan dan kampanye lokal untuk Muslim di seluruh Inggris

Sumber:

https://dailytimes.com.pk/649353/mp-afzal-khan-made-parliamentary-chair-of-uks-labour-muslim-network/ 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement