Rabu 05 Aug 2020 09:45 WIB

Argentina Restrukturisasi Utang 65 Miliar Dolar AS

Argentina telah mencapai kesepakatan dengan para kreditor utama.

Rep: Novita Intan/ Red: Nidia Zuraya
Utang (ilustrasi)
Foto: AP Photo/LM Otero
Utang (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Pemerintah Argentina telah mencapai kesepakatan utang dengan kreditor untuk merestrukturisasi sekitar 65 miliar dolar AS. Langkah ini untuk memecah kebuntuan dalam pembicaraan yang akan membantu negara dari gagal bayar dan menghilangkan kekhawatiran akan kebuntuan hukum yang berlarut-larut.

Seperti dilansir dari laman Reuters, Rabu (5/8) kementerian ekonomi mengatakan pihaknya telah mencapai kesepakatan dengan para kreditor utama setelah setuju untuk menyesuaikan beberapa tanggal pembayaran dan klausul hukum. Kesepakatan tersebut akan membantu kegagalan besar terakhir Argentina pada 2001-2002, yang menyebabkan lebih dari satu dekade litigasi.

Baca Juga

"Dini hari ini kami akhirnya mencapai kesepakatan dan mengambil langkah tegas," kata Menteri Ekonomi Martin Guzman.

Perjanjian tersebut membantu mengangkat obligasi negara rata-rata 8,7 persen setelah reli untuk mengantisipasi kesepakatan.

Negara ini telah menemui jalan buntu dengan para kreditor, yang termasuk dana besar seperti BlackRock dan Ashmore, karena pembenahan utang.

"Ini adalah sesuatu yang dapat diterima oleh kelompok pemegang obligasi utama," kata Graham Stock, ahli strategi pasar negara berkembang di kreditor BlueBay Asset Management.

"Situasi ekonomi di Argentina sangat menantang dan fokus utama bagi kami adalah memastikan ada cukup bantuan arus kas bagi pemerintah dalam jangka pendek untuk membantu pemerintah mengatasi dampak ekonomi dari coronavirus,” ucapnya.

Riccardo Grassi, manajer risiko di Mangart Capital Advisors, mengatakan kedua belah pihak telah mencapai kompromi politik.

"Saya tidak akan mengatakan kreditor senang, tetapi kami senang bahwa hal ini telah diselesaikan," tambahnya.

Gabriel Torres di lembaga pemeringkat kredit Moody mengatakan perjanjian itu akan memungkinkan negara untuk menghindari proses hukum yang berkepanjangan dan mahal dengan pemegang obligasi dan menyerukan kebijakan fiskal dan moneter yang kredibel dan berkelanjutan.

Sebagai bagian dari kesepakatan, pemerintah mengatakan akan menyesuaikan beberapa tanggal pembayaran untuk obligasi baru yang ditetapkan dalam penawaran untuk meningkatkan nilai proposal. Tawaran ini juga akan menyesuaikan aspek hukum tertentu dari apa yang disebut klausa tindakan kolektif (CAC), yang menentukan bagaimana perubahan masa depan dapat dilakukan terhadap perjanjian obligasi.

Beberapa pemegang obligasi khawatir Argentina akan mencoba menggunakan CAC untuk mengadopsi strategi "Pac-Man" dalam upaya menjadikan mereka satu per satu.

Carlos de Sousa dari Oxford Economics mengatakan perubahan dan kesepakatan dengan para kreditor besar berarti kesepakatan hampir tercapai.

"Ini harus lurus sekarang untuk mencapai mayoritas yang memenuhi syarat yang diperlukan untuk pertukaran utang yang sukses," katanya.

Berdasarkan kesepakatan, tanggal pembayaran pada obligasi baru 9 Januari dan 9 Juli, bukan 4 Maret dan 4 September. Obligasi baru akan mulai diamortisasi pada Januari 2025 dan jatuh tempo pada Juli 2029.

Presiden Peronis moderat Alberto Fernandez dan Guzman menyakini Argentina tidak dapat meningkatkan penawaran yang dilakukan pada awal Juli, meskipun orang-orang yang dekat dengan pembicaraan mengatakan mungkin ada ruang gerak untuk mempermanis tawaran itu.

Argentina mencapai kesepakatan pinjaman 57 miliar dolar AS dengan Dana Moneter Internasional pada 2018 dan mengatakan akan mencari program baru dengan dana tersebut setelah menyelesaikan pembicaraan dengan kreditor swasta.

“Langkah yang sangat signifikan. Nantikan kesimpulan yang sukses demi kepentingan semua, ”kata kepala IMF Kristalina Georgieva.

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement