Selasa 04 Aug 2020 17:34 WIB

Tips Buat Feed Instagram Lebih Menawan

Instagram yang memikat juga menjadi wujud representasi sang pemilik akun di dunia ma

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Dwi Murdaningsih
Instagram
Foto: flickr
Instagram

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Foto-foto Instagram yang rapi serta penuh estetika menjadi idaman penggunanya. Feed atau umpan Instagram yang menawan dapat meningkatkan branding dari sang pemilik akun.

Saat ini, tren pengeditan foto dan berbagai jenis media untuk membuat feed di Instagram menjadi lebih hidup pun kian marak. Aplikasi-aplikasi, seperti VSCO, LightRoom, Unum, dan PicsArt pun banyak dilirik.

Baca Juga

Dilansir dari Later, Ahad (2/8), langkah pertama yang harus dilakukan adalah memutuskan estetika seperti apa yang ingin kita tampilkan. Cara terbaik untuk mendapatkan inspirasi adalah melihat referensi dari akun-akun lain.

Dari sana, pengguna bisa mendapatkan warna, font, dan tekstur untuk membentuk estetika unik dan menawan di Instagram.

Cara lainnya, kita bisa membuat brand mood board sendiri. Ada banyak program dan aplikasi yang berbeda untuk membuat brand mood brand, salah satunya adalah Pinterest.

Menurut branding strategist Hollie Arnett, brand mood board adalah kumpulan aset visual singkat yang mewakili identitas visual sebuah merek. "Papan ini dapat berisi contoh-contoh inspirasional dari foto, warna, tipografi, kutipan, pola, bentuk, dan lainnya yang membentuk kesan kohesif untuk merek yang dapat ditampilkan dan dipahami pada satu halaman," ujarnya.

Saat membuat brand mood board, pastikan untuk memasukkan campuran warna, tekstur, pola, dan kutipan. Itu semua untuk membantu pengguna memvisualisasikan seperti apa tampilan Instagram yang akan ditampilkan.

Setelah memiliki gambaran jelas tentang apa yang di inginkan dari umpan dan foto yang akan ditam pilkan, pengguna akan jauh lebih mudah membuat dan merencanakan konten Instagram.

Cara mudah lainnya untuk membuat umpan Instagram yang kohesif adalah dengan memilih serangkaian filter atau menjaga aturan edit agar foto ter lihat konsisten. Dua aplikasi pengeditan yang mu dah digunakan adalah VSCO dan Adobe Lightroom.

VSCO memiliki banyak filter gratis untuk dipilih, bahkan paket filter preset yang telah dikurasi hingga membuat pengguna mudah mengedit foto mereka.

Pengguna bisa membuat filter Instagram sendiri di VSCO dengan mengubah kecerahan, suhu, grain, kontras, dan penyesuaian lainnya untuk menemukan resep yang paling sesuai dengan selera. Setelah puas dengan hasilnya, ketuk tombol recipe dan pilih + untuk menyimpan hasil edit saat ini.

Jika pengguna ingin memberikan tampilan lebih profesional, sejauh ini, Lightroom adalah salah satu alat pengeditan foto paling kuat. Tapi, menguasai Adobe Lightroom di desktop membutuhkan waktu dan latihan.

Namun, ada jalan pintas untuk mendapatkan foto indah yang menjadi idaman. Kita bisa menggunakan preset Lightroom di aplikasi seluler.

Banyak preset yang ditawarkan dalam paket atau koleksi dan pengguna dapat memilih dari beberapa pi lihan filter untuk setiap foto sambil tetap memper tahankan tampilan yang kohesif pada umpan Instagram. Pengguna juga bisa membuat penyesuaian suhu, kecerahan, atau kontras untuk menjaga foto tetap konsisten.

sumber : pusat data republika
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement