Senin 03 Aug 2020 22:42 WIB

Peraih Nobel Perdamaian John Hume Meninggal Dunia

Hume dianugerahi Hadiah Nobel Perdamaian pada 1998.

Red: Nur Aini
Pemenang Nobel Perdamaian dan mantan pemimpin Partai Sosial Demokratik dan Buruh Nasional (SDPL) Irlandia John Hume
Pemenang Nobel Perdamaian dan mantan pemimpin Partai Sosial Demokratik dan Buruh Nasional (SDPL) Irlandia John Hume

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Pemenang Nobel Perdamaian dan mantan pemimpin Partai Sosial Demokratik dan Buruh Nasional (SDPL) Irlandia, John Hume meninggal dunia pada Senin (3/8).

"Dengan berat hati kami mengumumkan, John telah berpulang dalam damai karena sakit," kata SDLP dalam sebuah pernyataan.

Baca Juga

Hume lahir di Irlandia Utara pada 1937. Baru-baru ini, dia dianggap sebagai tokoh penting dalam sejarah politik Irlandia Utara. Sebagai ketua SDLP, Hume merupakan salah satu penggagas Perjanjian Belfast 1998 yang mengakhiri kekerasan sektarian di Irlandia Utara yang telah berlangsung selama puluhan tahun.

Dia juga terlibat dalam perundingan damai 1994 dengan perdana menteri Irlandia saat itu, Albert Reynolds dan pemimpin nasionalis Sinn Fein saat itu, Gerry Adams. Setelah pertemuan bersejarah itu, Hume, Reynolds dan Adams mengeluarkan pernyataan bersama yang menyatakan bahwa mereka benar-benar "berkomitmen" pada metode yang demokratis dan damai untuk menyelesaikan konflik Irlandia Utara.

Hume, bersama pemimpin UUP saat itu, David Trimble, dianugerahi Hadiah Nobel Perdamaian pada 1998 sebagai pengakuan atas kontribusi mereka terhadap proses perdamaian di Irlandia Utara. Dia juga memainkan peran kunci dalam negosiasi pembagian kekuasaan di Irlandia Utara.

sumber : https://www.aa.com.tr/id/dunia/peraih-nobel-perdamaian-john-hume-meninggal-dunia-/1930254
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement