Senin 03 Aug 2020 07:09 WIB

Sejarah Hari Ini: Jerman dan Prancis Deklarasikan Perang

Pada 3 Agustus 1914 Jerman menyatakan perang dengan Prancis

Rep: Fergi Nadira/ Red: Christiyaningsih
Pada 3 Agustus 1914 Jerman menyatakan perang dengan Prancis. Makam serdadu Muslim di Notre Dame de Lorette dengan batu nisan menghadap Kiblat. Di atasnya tertulis kalimat
Foto: Deutsche Welle
Pada 3 Agustus 1914 Jerman menyatakan perang dengan Prancis. Makam serdadu Muslim di Notre Dame de Lorette dengan batu nisan menghadap Kiblat. Di atasnya tertulis kalimat

REPUBLIKA.CO.ID, BERLIN - Pada 3 Agustus 1914 silam, dua hari setelah menyatakan perang dengan Rusia, Jerman menyatakan perang dengan Prancis. Ini adalah awal dimulainya Perang Dunia I.

Beberapa jam kemudian, Prancis pun membuat deklarasi perang melawan Jerman sambil menyiapkan pasukannya untuk pindah ke provinsi Alsace dan Lorraine. Dilansir laman History, gelombang pertama pasukan Jerman berkumpul di perbatasan Belgia yang dikenal netral tidak memihak. Hal itu sesuai dengan rencana mantan kepala staf tentara Jerman, Alfred von Schlieffen, yang terkenal dengan Rencana Schlieffen akan dilintasi oleh tentara Jerman dalam perjalanan mereka menuju invasi terhadap Prancis.

Baca Juga

Sehari sebelumnya, Jerman telah memberikan Belgia dan kedaulatannya, Raja Albert, dengan ultimatum yang menuntut jalan bagi pasukan Jerman melalui wilayahnya. Ancaman terhadap Belgia yang netralitas abadinya telah diamanatkan oleh perjanjian yang disimpulkan oleh kekuatan Eropa termasuk Inggris, Prancis, dan Jerman pada tahun 1839, menyatukan pemerintah Inggris yang terpecah dalam menentang agresi Jerman.

Di Perang Dunia I, Jerman lantas membentuk Blok Sentral bersama Austria-Hungaria, Kesultanan Ottoman, Bulgaria, dan beberapa negara lainnya. Sedangkan Prancis dan Rusia membentuk Blok Sekutu bersama Inggris, Amerika Serikat (AS), Italia, dan negara-negara lain.

Beberapa jam sebelum deklarasi perang Jerman terhadap Prancis pada 3 Agustus, menteri luar negeri Inggris Sir Edward Gray berbicara di hadapan Parlemen. Dia meyakinkan pemerintah Inggris yang terpecah untuk memberikan dukungannya kepada masuknya Inggris ke dalam perang jika Jerman melanggar netralitas Belgia.

"Lampu-lampu akan mati di seluruh Eropa, kita tidak akan melihat mereka menyala lagi di masa hidup kita," ujar Gray kepada seorang teman pada malam 3 Agustus. Keesokan harinya, Inggris mengirim ultimatumnya sendiri ke Berlin: hentikan invasi Belgia atau hadapi perang dengan Inggris juga.

 

Balasan dituntut tengah malam. Pada siang hari itu, Raja Albert akhirnya mengajukan permohonan bantuan bersama ke Prancis dan Inggris, sebagai penjamin netralitas Belgia sesuai dengan Perjanjian 1839. Jika melakukan permohonan yang terlalu cepat, akan berisiko melanggar netralitas Belgia sebelum Jerman melakukannya.

Pada Agustus 1914, ketika kekuatan-kekuatan besar Eropa menyiapkan pasukan dan angkatan laut mereka untuk bertempur, tidak ada yang bersiap untuk perjuangan panjang. Kedua pihak mengandalkan konflik pendek dan tegas yang akan berakhir pada kebaikan mereka.

"Anda akan pulang sebelum dedaunan jatuh dari pohon," kata Kaiser Wilhelm meyakinkan pasukan berangkat ke depan pada pekan pertama Agustus 1914. Meskipun beberapa pemimpin militer, termasuk Kepala Staf Jerman Helmuth von Moltke dan mitranya dari Prancis Joseph Joffre, meramalkan konflik yang lebih lama, mereka tidak memodifikasi strategi perang mereka untuk mempersiapkan kemungkinan perang yang lebih panjang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement