Ahad 02 Aug 2020 23:14 WIB

Pasien Covid-19 Lahirkan Dua Bayi Kembar Sehat

Kedua bayi tersebut tidak disatukan dalam satu tempat untuk sementara waktu.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Qommarria Rostanti
Ilustrasi Bayi Kembar
Foto: Foto : MgRol_93
Ilustrasi Bayi Kembar

REPUBLIKA.CO.ID, PUNE -- Seorang pasien Covid-19 melahirkan bayi kembar di Rumah Sakit Sonawane di Pune, India. Kondisi kedua bayi ini sehat walafiat.

Wanita hamil dianggap berada dalam kategori berisiko tinggi dan setiap wanita hamil dilacak. Rumah Sakit Sonawane adalah pusat rujukan untuk pasien Covid-19. Semua pengiriman pasien Covid-19 dilakukan di rumah sakit.

"Kami telah mencatat 40 kelahiran pasien Covid-19 hingga saat ini, tapi ini adalah pertama kalinya seorang pasien melahirkan anak kembar di rumah sakit," ujar Madhuri Rokade, penanggung jawab Rumah Sakit Sonawane seperti dilansir di laman the Indian Express, Ahad (2/8).

Ibu berusia 29 tahun itu adalah penduduk Bhavani Peth, salah satu daerah yang paling parah dilanda pandemi. Dia menjalani proses kelahiran sesar pada masa lalu. "Wanita hamil itu sedang menjalani perawatan untuk persalinannya di rumah sakit Kamla Nehru yang dikelola masyarakat tetapi dites positif untuk virus corona baru pada hari Kamis," kata Rokade.

Saat masa kehamilan selesai, keputusan dibuat untuk melakukan bedah sesar untuk menghindari penempatan ibu dan bayi di risiko dari penyakit ini. Rokade mengatakan ibu tersebut melahirkan anak perempuan kembar dengan berat 2,1 kilogram dan 2,4 kilogram.

Rokade menyebut, bayi-bayi itu sehat, namun harus menjalani tes Covid-19 pada hari kelima. "Sampai saat ini, semua bayi yang lahir dari pasien Covid-19 telah dites negatif, jadi kami juga berharap untuk si kembar," kata Rokade.

Kedua bayi tersebut tidak disatukan dalam satu tempat untuk sementara waktu. Sang ibu harus menjalani masa isolasi 11 hari sebelum dipulangkan setelah dia dinyatakan negatif. "Namun, bayi yang baru lahir akan diberhentikan pada hari keenam setelah hasil tes negatif. Bayi yang baru lahir akan pulang lebih awal," kata dia.

Rokade juga mengatakan itu melegakan ketika mereka berhasil melahirkan bayi dari pasien Covid-19. "Setiap kelahiran memberi kami kepuasan dan kelahiran si kembar telah menambah sukacita bekerja untuk melayani pasien Covid-19," kata dia. Wali Kota Pune, Murlidhar Mohol, berterima kasih kepada staf medis Rumah Sakit Sonawane karena telah membantu melahirkan si kembar.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement