Sunday, 27 Ramadhan 1442 / 09 May 2021

Sunday, 27 Ramadhan 1442 / 09 May 2021

Lewis Hamilton Juara GP Inggris

Ahad 02 Aug 2020 22:08 WIB

Rep: Rahmat Fajar/ Red: Israr Itah

Pembalap Mercedes, Lewis Hamilton merayakan gelar juara di GP Inggris, Ahad (2/8).

Pembalap Mercedes, Lewis Hamilton merayakan gelar juara di GP Inggris, Ahad (2/8).

Foto: EPA-EFE/Frank Augstein
Hamilton finis dengan ban depan kiri yang pecah.

REPUBLIKA.CO.ID, SILVERSTONE -- Pembalap Mercedes Lewis Hamilton menjuarai GP Inggris di Sirkuit Silverstone, Ahad (2/8) malam WIB. Posisi Hamilton di urutan pertama sejak start tak tergantikan hingga balapan berakhir.  Hamilton tak menemukan perlawanan berarti sepanjang balapan di kandang sendiri, meskipun sempat ada drama menjelang finis. 

Ban depan kiri pembalap Mercedes itu mendadak pecah di putaran terakhir. Namun dengan margin yang cukup lebar dari Max Verstappen, Hamilton mampu membawa mobil W11-nya melintasi garis finis lebih dulu.

Hamilton mencatatkan waktu tercepat 1 jam 28 menit 01,283 detik, disusul pembalap Red Bull Racing, Max Verstappen di urutan kedua terpaut 5,856 detik. Andalan Ferrari, Charles Leclerc mengisi peringkat ketiga dengan selisih waktu 18,474 detik.

Baca Juga

Dua pembalap Mercedes begitu nyaman di posisi pertama dan kedua sejak awal balapan. Namun Bottas keluar jalur jelang lap keseluruhan berakhir sehingga posisinya digantikan oleh Verstappen yang sejak awal membuntuti. Bottas pun harus mengakhiri balapan di posisi ke-11.

Persaingan ketat justru terjadi antara posisi lima hingga tujuh. Pembalap Haas F1 Team, Romain Grosjean yang start dari posisi ke-17 justru menunjukkan performa luar biasa. Ia sukses menyodok ke urutan ke-5 menggantikan posisi Lando Norris yang melorot ke posisi tujuh hingga lap ke-22.

Grosjean, Norris, Daniel Ricciardo, Carlos Sainz Jr dan Lance Stroll saling bersaing ketat memperebutkan posisi terbaik. Setelah Grosjean menempati posisi kelima, Sainz menggusurnya dan Norris perlahan mampu menyalip Grosjen. Hingga lap ke-31, Norris ada di posisi keenam satu tingkat di atas Grosjean.

Hingga akhir balapan, Daniel Ricciardo finis pada posisi keempat. Disusul Norris pada urutan kelima. sementara Grosjean melorot keurutan ke-16 dan Sainz di posisi ke-14.

Sementara pembalap Ferrari, Sebastian Vettel, harus turun ke posisi ke-11 pada lap ke-19. Vettel mengawali balapan dari grid ke-10. Berbeda jauh dengan rekan satu timnya Charles Leclerc yang start dari urutan keempat.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA