Ahad 02 Aug 2020 11:51 WIB

7 Benda dan Area Ini Wajib Dibersihkan Setiap Hari

Benda dan area ini wajib dibersihkan karena sering terkena kotoran.

Rep: Rizky Suryarandika/ Red: Nora Azizah
Benda dan area ini wajib dibersihkan karena sering terkena kotoran (Foto: ilustrasi membersihkan rumah)
Foto: Pxhere
Benda dan area ini wajib dibersihkan karena sering terkena kotoran (Foto: ilustrasi membersihkan rumah)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bagi Muslim, kebersihan merupakan sebagian dari Islam. Kebersihan juga identik dengan menjaga kesehatan. Seiring makin bersihnya rumah anda, maka penyakit berpotensi makin menjauh.

Dilansir dari Womensday pada Ahad (2/8), setidaknya ada tujuh hal yang wajib dibersihkan setiap hari. Berikut ini ulasannya :

Baca Juga

Handuk tangan

Dari studi di Amerika didapati handuk tangan merupakan benda paling terkontaminasi di area dapur. Walau tak terlihay kotor, banyak bakteri yang terlihat di permukaannya. Hal ini juga berlaku untuk handuk kecil di kamar mandi.

"Handuk tangan lebih cepat kotor karena anda lebih sering menggunakannya. Gantilah tiap beberapa hari atau sehari sekali jika perlu," kata Direktur Cleaning Lab dari Institut Good Housekeeping, Carolyn Forte.

Alas masak

Ketika memasak, sudah tentu ada kotoran yang jatuh ke alas masak. Anda disarankan membersihkannya tiap hari pakai desinfektan. Disarankan menggunakan sponge atau lap khusus pada bagian ini dibedakan dari bagian lain.

"Tidak baik menggunakan satu lap untuk berbagai permukaan karena menjadi kontaminasi silang," kata produk analisis Institut Good Housekeeping, Michaelle Exhume.

Dinding shower

Cara termudah menyingkirkan kotoran pada dinding shower adalah rutin membersihkannya tiap hari. Bahkan jika bisa bersihkanlah tiap selesai digunakan. Dengan cara ini anda menghindari noda bertahan lama.

Tempat cuci piring

Setelah cuci piring dan tangan, anda akan merasa bersih. Tapi tidak dengan tempat cuci piring anda yang menjadi sarang bakteri dan kotoran. Anda perlu membersihkannya pakai sponge khusus. Lalu anda perlu menuangkan sanitiser agar bersihnya maksimal.

Piring kotor

Sisa makanan pada piring akan memancing datangnya serangga jika dibiarkan. Bahkan sebagian noda juga bakal lebih sulit dibersihkan. Maka sebaiknya piring dan alat makan dicuci setiap selesai dipakai.

Mesin kopi

Pecinta kopi wajib membersihkan mesin pembuat kopinya setiap hari. Khususnya jika mesin itu rutin digunakan. Sebab mesin kopi merupakan tempat empuk bagi bakteri.

"Sebaiknya cuci bagian yang bisa dicabut dari mesin kopi setelah selesai dipakai agar menghilangkan kopi, minyak dan noda," ujar Forte.

Lantai

Lantai pastinya penuh noda dan kotoran setiap harinya. Terutama di bagian dapur dan ruang makan, lantai akan dikotori sisa makanan. Sebaiknya lantai dibersihkan tiap hari agar mengindari kotoran menempel dan serangga berdatangan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement