Sabtu 01 Aug 2020 16:40 WIB

Damkar Evakuasi Buaya yang Ditangkap di Kali Pesanggrahan

Warga di sekitar Kali Pesanggrahan sempat berjibaku menangkap buaya

Rep: Rusdy Nurdiansyah/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Kemunculan seekor buaya di Kali Pesangrahan menghebohkan warga di Jalan Swadaya RT 04/06, Kelurahan Sawangan, Kecamatan Sawangan, Kota Depok.
Foto: Dok Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) dan Peny
Kemunculan seekor buaya di Kali Pesangrahan menghebohkan warga di Jalan Swadaya RT 04/06, Kelurahan Sawangan, Kecamatan Sawangan, Kota Depok.

REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK -- Kemunculan seekor buaya di Kali Pesangrahan menghebohkan warga di Jalan Swadaya RT 04/06, Kelurahan Sawangan, Kecamatan Sawangan, Kota Depok. Akhirnya, setelah dua jam berjibaku, warga berhasil menangkap buaya dengan panjang tiga meter dan berat 60 kilogram.

Warga kemudian menyerahkan buaya ke petugas Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) dan Penyelamatan Kota Depok. "Ya, benar ada seekor buaya yang ditangkap warga di Kali Pesangrahan. Buaya tersebut sudah kami evakuasi," ujar Kepala Bidang Penanggulangan Bencana, Dinas Damkar dan Penyelamatan Kota Depok Denny Romulo saat dihubungi, Sabtu (1/8).

Menurut Denny, buaya tersebut ditangkap warga pada Kamis (30/7). "Berdasarkan informasi warga, buaya tersebut bukan buaya peliharaan, melainkan buaya liar. Masih alami, buayanya juga agresif. Jenis kelaminnya jantan," terangnya.

Dia menambahkan, buaya tersebut diserahkan ke Rumah Tahanan (Rutan) Ciodong, Kota Depok untuk diperlihara di kolam. "Pihak Rutan menerima buaya tersebut untuk ditempatkan di kolam yang mengelilingi Rutan. Infonya memang di kolam itu khusus untuk memelihara buaya," tutur Denny.

Salah satu warga, Hadi (47) mengungkapkan, pertama kali melihat kemunculan seekor buaya di sekitar aliran Kali Pesanggrahan. Saat itu, buaya tersebut sedang berusaha naik ke permukaan daratan. "Saya kaget, ada buaya. Selama ini belum pernah melihat ada buaya," ucapnya.

Lalu, Hadi mengajak warga lainnya untuk menangkap buaya tersebut. Setelah berhasil ditangkap, warga langsung melaporkan kejadian itu ke Ketua RT dan petugas Dinas Damkar dan Penyelamatan Kota Depok. "Kami tangkap buaya tersebut pakai tali dan alat seadanya. Selama kurang lebih dua jam, buaya tersebut berhasil kami tangkap. Kemudian kami ikat mulut dan kakinya," pungkasnya. 

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement