Sunday, 12 Safar 1443 / 19 September 2021

Sunday, 12 Safar 1443 / 19 September 2021

Plus-Minus Memasak dengan Air Fryer

Jumat 31 Jul 2020 13:45 WIB

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Reiny Dwinanda

Chef Lucky Andreono mendemokan memasak menggunakan air fryer LocknLock, Selasa (28/7).

Chef Lucky Andreono mendemokan memasak menggunakan air fryer LocknLock, Selasa (28/7).

Foto: Republika/Umi Nur Fadhilah
Air fryer termasuk peralatan masak yang makin dilirik masyarakat perkotaan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Di era digital ini, beragam inovasi hadir memudahkan kehidupan. Untuk peralatan masak, ada air fryer yang makin dilirik oleh masyarakat perkotaan.

Chef Lucky Andreono mengatakan, air fryer sangat memudahkan urusan masak-memasak. Pemilik bisa menggunakannya untuk membuat apa saja tanpa ribet dan sangat cepat.

“Alat ini cepet banget panasnya. Betas saja, matengnya cepet banget,” kata Chef Lucky dalam demo masak bagian kampanye LocknLock New Normal New Health Lifestyle di Palma Tower, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, Selasa (28/7).

Saking memudahkan urusan masak, Lucky mengatakan, tak ada tips khusus memasak dengan air fryer. Namun, salah satu hal yang perlu diperhatikan menurut dia, penggunaan air fryer membutuhkan daya listrik cukup besar, yakni 1.600 watt. Selain itu, wadah memasak air fryer ukurannya kecil untuk kapasitas empat liter, tidak seluas dan selebar oven.

“Tapi ini cocok untuk keluarga baru,” ujar dia.

Di luar hal itu, Lucky memastikan penggunaan air fryer membuat proses masak lebih cepat, matang lebih cepat, dan memanaskan makanan lebih cepat. Air fryer LocknLock, contohnya, memiliki beragam fitur memasak, seperti kentang goreng, membuat kue, steak, pizza. Lucky sempat mendemokan memanggang souffle cup cake, steak, dan kentang.

Perawatan air fryer, menurut Lucky, sangat mudah. Cukup bersihkan wadah pemanggang saja.

"Wadah bisa masuk ke tempat cucian piring karena tidak ada bagian elektroniknya," tutur Lucky.

Baca Juga

Memasak dengan air fryer, menurut Lucky, juga lebih sehat karena bisa menggoreng tanpa minyak goreng. Banyak menu-menu sehat yang bisa dikreasikan menjadi bekal sehat dengan menggunakan air fryer di era normal baru ini.

“Ini buat multicooker,” kata Lucky.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA