Kamis 30 Jul 2020 22:28 WIB

Vidi Aldiano Bawakan Ulang Zamrud Khatulistiwa

Vidi mengemas 'Zamrud Khatulistiwa' lebih modern tapi tetap autentik.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Nora Azizah
Musisi Vidi Aldiano akan membawakan kembali lagu hit 'Zamrud Khatulistiwa' yang dipopulerkan oleh almarhum Chrisye (Foto: Vidi Aldiano)
Foto: Antara
Musisi Vidi Aldiano akan membawakan kembali lagu hit 'Zamrud Khatulistiwa' yang dipopulerkan oleh almarhum Chrisye (Foto: Vidi Aldiano)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Musisi Vidi Aldiano akan membawakan kembali lagu hit 'Zamrud Khatulistiwa' yang dipopulerkan oleh almarhum Chrisye. Lagu karya Guruh Sukarno Putra yang dirilis tahun 1996 itu diremake kembali dengan sentuhan modern namun tetap autentik.

Meski nada-nadanya terbilang sederhana, namun tembang "Zamrud Khatulistiwa" sangat istimewa khususnya bagi Vidi. Lagu ini sukses menggambarkan bagaimana menakjubkannya Indonesia, mulai dari keindahan laut, pantai, hutan, pegunungan serta keragaman budaya dan adat.

Baca Juga

“Ini merupakan sebuah lagu karya Guruh Sukarno Putra yang paling aku suka dan sering banget aku dengarkan. Setiap acara besar diselenggarakan, lagu Zamrud Khatulistiwa selalu menjadi lagu penutup yang indah," kata Vidi dalam pernyataan tertulisnya, Kamis (30/7).

Bagi Vidi, lagu Zamrud Khatulistiwa mempunyai makna yang luar biasa khususnya ihwal menghargai keragaman. Toleransi, lanjut dia, adalah sumber kekuatan bagi Indonesia bukan sumber perpecahan.

"Lagu ini bisa menyatukan masyarakat dengan latar belakang dan golongan apapun di Indonesia. Suatu kebanggaan bisa membawakan kembali lagu ini," ucap penyanyi berusia 30 tahun itu.

Menurut Vidi, pembuatan lagu ini dibantu oleh Jevin Julian. Meski keduanya sudsh familiar dengan lagu itu, namun meremake lagu 'Zamrud Khatulistiwa' tetap menjadi tantangan besar.

"Bagaimana kami memadukan warna vokalku ke dalam lagu itu, tanpa menghilangkan esensi aslinya. Itu jadi tantangan bagi kami," kata Vidi.

Adapun untuk video musik lagu ini dibuat dengan perpaduan tradisional dan modern. Di sisi lain, bagi Vidi, sosok seorang Guruh Sukarno Putra sangatlah istimewa. Semua karya Guruh diciptakan dengan sentuhan yang luar biasa.

"Pernah aku terlibat dalam salah satu pagelaran beliau, dan itu merupakan pengalaman terbaik yang tidak terlupakan," kenang dia.

Lagu Zamrud Khatulistiwa dari Vidi Aldiano sudah bisa dinikmati pada tanggal 31 Juli 2020 di Spotify, YouTube dan seluruh digital platform. Lagu ini juga menjadi salah satu bentuk partisipasi terhadap album Puspa Ragam Karya Guruh Sukarno Putra dan sudah beredar melalui gerai KFC seluruh Indonesia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement