Thursday, 19 Zulhijjah 1442 / 29 July 2021

Thursday, 19 Zulhijjah 1442 / 29 July 2021

Negosiasi Kontrak Baru Dean Henderson Capai Titik Krusial

Kamis 30 Jul 2020 22:10 WIB

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Agung Sasongko

Dean Henderson

Dean Henderson

Foto: EPA-EFE/FACUNDO ARRIZABALAGA
Dean Henderson bersama Sheffield United dalam dua musim terakhir.

REPUBLIKA.CO.ID,  MANCHESTER -- Penampilan impresif Dean Henderson bersama Sheffield United dalam dua musim terakhir membuat kiper berusia 23 tahun itu digadang-gadang bakal menjadi pesaing utama David De Gea dalam memperebutkan posisi penjaga gawang utama Manchester United. Bahkan, United pun dikabarkan siap menyodorkan perpanjangan kontrak berdurasi lima tahun buat Henderson.

Tidak hanya itu, dalam penawaran perpanjangan kontrak tersebut, manajemen United kabarnya meningkatkan nilai kontrak Henderson secara signifikan. Apabila sepakat dengan perpanjangan kontrak tersebut, maka Henderson disebut-sebut bakal menjadi salah satu kiper dengan bayaran termahal di pentas sepak bola Eropa.

Baca Juga

Hingga kini, negosiasi antara kedua pihak, baik dari manajemen United ataupun Henderson, yang telah berlangsung dalam beberapa pekan terakhir belum menemui titik terang. Kendati begitu, seperti dilansir Sky Sports, negosiasi tersebut telah memasuki fase-fase krusial. Bahkan, negosiasi tersebut diprediksi akan segera berakhir dalam dua pekan mendatang.  

''Rencana kelanjutan kiprah jangka panjang Dean Henderson di Manchester United akan segera ditentukan dalam dua pekan mendatang, karena pembicaraan perpanjangan kontrak telah memasuki tahap-tahap krusial,'' tulis laporan Sky Sports, Kamis (30/7).

Sebelumnya, Wakil Direktur Eksekutif Manchester United, Ed Woodward, sempat dikabarkan melakukan pertemuan dengan jajaran pemilik klub untuk membahas alokasi anggaran United pada musim depan. Salah satu agenda yang dibahas adalah soal nilai kontrak yang ditawarkan kepada Henderson. Manajemen United melihat Henderson sebagai opsi jangka panjang di pos penjaga gawang. Karena itu, Henderson akan diikat kontrak dengan minimal durasi selama lima tahun.

Sebenarnya, kontrak Henderson bersama United baru akan berakhir pada 2022 mendatang. Namun, performa apik Henderson selama melakoni masa peminjaman di Sheffield United membuat Setan Merah rela menawarkan perpanjang kontrak denga durasi cukup panjang buat mantan penggawa Manchester United U-23 tersebut.

Di sisi lain, pelatih United, Ole Gunnar Solskjaer, dilaporkan begitu terkesan dengan penampilan Henderson. Bahkan, pelatih asal Norwegia itu tidak menutup kemungkinan untuk mempromosikan Henderson ke tim utama United pada musim depan dan langsung bersaing ketat dengan kiper asal Spanyol, David De Gea. 

Terlebih, performa De Gea pada musim ini kurang memuaskan. Eks penjaga gawang Atletico Madrid itu tercatat melakukan blunder yang berbuah gol sebanyak tujuh kali sejak tampil di Liga Primer Inggris pada 2018 silam. Sementara Henderson justru mampu tampil begitu apik dan konsisten. Setelah sukses mengantarkan The Blades promosi ke Liga Primer Inggris pada musim ini, Henderson menjadi andalan di bawah mistar gawang The Blades pada musim ini.

Henderson mencatatakan clean sheet di 13 laga dan hanya kebobolan 33 gol dari 36 penampilan di Liga Primer Inggris musim ini. Jebolan akademi sepak bola Manchester United itu pun mengantarkan The Blades finish di peringkat kesembilan pada musim pertamanya tampil di Liga Primer Inggris dalam 12 tahun terakhir.

Kendati begitu, Henderson masih memiliki pilihan lain terkait pilihan klubnya pada masa mendatang. Apabila enggan menandatangani perpanjangan kontrak bersama United, maka Henderson siap ditampung Chelsea. Tim asal London Barat itu dikabarkan memang terus memantau situasi perpanjangan kontrak Henderson bersama United. 

Henderson digadang-gadang menjadi pengganti penjaga gawang The Blues, Kepa Arrizabalaga. Selain itu, Henderson juga memiliki opsi untuk memperpanjang masa peminjaman di Sheffield United pada musim depan, dan baru kembali ke United pada musim 2021/2022. 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA