Wednesday, 15 Syawwal 1445 / 24 April 2024

Wednesday, 15 Syawwal 1445 / 24 April 2024

Bea Cukai Dukung Pengembangan Wisata Manggarai Barat

Kamis 30 Jul 2020 20:08 WIB

Red: Dwi Murdaningsih

Kepala Kantor Bea Cukai Maumere, Tommy Hutomo melakukan kunjungan ke Kantor Bupati Manggarai Barat Rabu (15/7).

Kepala Kantor Bea Cukai Maumere, Tommy Hutomo melakukan kunjungan ke Kantor Bupati Manggarai Barat Rabu (15/7).

Foto: bea cukai
Pemkab Manggarai Barat bersinergi dengan berbagai pihak untuk memajukan wisata.

REPUBLIKA.CO.ID, LABUAN BAJO -- Kepala Kantor Bea Cukai Maumere, Tommy Hutomo melakukan kunjungan ke Kantor Bupati Manggarai Barat, Rabu (15/7). Kunjungan itu untuk membahas peran Bea Cukai dalam mendukung pengembangan pariwisata dan pertumbuhan ekonomi di Manggarai Barat.

“Bea Cukai akan berupaya mendorong Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2020-2024 yang salah satu prioritasnya adalah memperkuat ketahanan ekonomi untuk pertumbuhan yang berkualitas. Diantaranya dilakukan dengan cara meningkatkan nilai tambah pariwisata nasional,” ungkapnya.

Baca Juga

Menurut Tommy potensi pertumbuhan pariwisata dan ekonomi di Labuan Bajo sangat tinggi, meski sedang ada wabah COVID-19. Selain itu, peningkatan infrastruktur seperti rencana pengembangan Bandar Udara Komodo menjadi Bandara Internasional, Proyek Marina Bay untuk pelabuhan yacht dan kapal pesiar menuntut kehadiran Bea Cukai dalam penanganan penumpang, barang dan sarana pengangkut yang datang dari luar negeri.

“Kesiapsiagaan dan kewaspadaan Bea Cukai Maumere sangat dibutuhkan agar pengawasan dan pelayanan di bidang kepabeanan dan cukai dapat berjalan efektif dan efisien guna mendukung keberhasilan agenda pembangunan nasional khususnya terhadap pengembangan Labuan Bajo,” ujar Tommy.

Tommy menyampaikan, Bea Cukai Maumere telah melakukan perbaikan dan peningkatan sarana penunjang pelaksanaan tugas Bea Cukai Maumere di Labuan Bajo. Misalnya, pembangunan gedung lantai dua pos pengawasan bea cukai, penempatan dua kapal patroli laut, penambahan SDM yang bertugas di pos pengawasan Labuan Bajo.

Bea Cukai juga melengkapi sarana penunjang kantor lainnya mengingat terjadinya peningkatan jumlah pengawasan dan pelayanan di bidang kepabenan dan cukai di Labuan Bajo. Contohnya penanganan kedatangan kapal pesiar dari luar negeri dan pelayanan Nomor Pokok Pengusaha Barang Kena Cukai yang diajukan oleh pengusaha di bidang akomodasi perhotelan.

Bupati Manggarai Barat Agustinus Ch. Dula menyampaikan siap bekerjasama dengan Bea Cukai untuk menyukseskan program pengembangan pariwisata dan peningkatan ekonomi di wilayahnya. Ia meminta agar Bea Cukai dapat segera menyampaikan hal-hal apa saja yang dapat dibantu oleh Pemda Manggarai Barat agar terciptanya sinergi.

Bupati Manggarai Barat, Agustinus Ch. Dula mengapresiasi atas inisiatif yang dilakukan Bea Cukai Maumere. Ia menjelaskan bahwa saat ini Pemerintah Manggarai Barat saling bahu-membahu dengan pemerintah pusat dalam berbagai program proyek pengembangan industri pariwisata di Labuan Bajo.

“Diharapkan membawa efek domino peningkatan ekonomi diberbagai sektor di wilayah Manggarai Barat termasuk menumbuhkan kegiatan ekspor hasil pertanian dan perkebunan," kata dia.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 
 
 
Terpopuler