Friday, 8 Jumadil Awwal 1444 / 02 December 2022

Kompetisi Matematika Daring Internasional Disambut 45 Negara

Kamis 30 Jul 2020 15:30 WIB

Red: Fernan Rahadi

Suasana kompetisi matematika internasional secara daring bernama International Eduversal Mathematics Competition (I-EMC).

Suasana kompetisi matematika internasional secara daring bernama International Eduversal Mathematics Competition (I-EMC).

Foto: dokpri
I-EMC 2020 terbagi menjadi dua level yaitu Junior dan Senior.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Belajar dari rumah selama periode pandemi Covid-19 dinilai membuat motivasi para siswa dalam belajar menurun. Selain itu, banyaknya kompetisi matematika dan sains mengalami penundaan atau bahkan pembatalan memperburuk kondisi yang ada.

Sebagai salah satu langkah meningkatkan motivasi belajar siswa, Eduversal baru-baru ini mengatakan sebuah kompetisi matematika internasional secara daring dengan nama International Eduversal Mathematics Competition (I-EMC).

"Kompetisi ini telah dilaksanakan pada tanggal 11 Juli 2020," kata Direktur Utama Eduversal, Dwi Prajitno Wibowo, dalam siaran persnya, Kamis (30/7). 

I-EMC 2020 terbagi menjadi dua level yaitu Junior (usia di bawah 14 tahun) dan Senior (usia 14-17 tahun). Kompetisi ini terbuka untuk pelajar dari seluruh dunia untuk menguji kemampuan matematikanya di tingkat Internasional. 

Adanya kompetisi Internasional ini direspons dengan baik oleh banyak negara. Terbukti kompetisi ini disambut oleh 45 negara dari seluruh dunia seperti dari negara Australia, Amerika, Inggris, Nigeria, Brasil dan yang lainya. 

"Sebanyak total 4.260 siswa dari negara-negara tersebut telah membuat akun kompetisi di website kami www.i-emc.com, dan peserta yang mengikuti kompetisi pada tanggal 11 Juli 2020 lalu sebanyak 545 siswa dari 36 negara. I-EMC 2020 ini diselenggarakan dalam tiga bahasa yaitu Bahasa Inggris, Indonesia dan Rusia," ujar Dwi.

Sebelumnya, Eduversal bersama mitra-mitranya selama 12 tahun telah menyelenggarakan kompetisi matematika nasional. Dalam kurun waktu tersebut ribuan siswa Indonesia telah mengikuti kompetisi ini. 

"Versi terbaru dari kompetisi matematika ini yaitu Eduversal Mathematics Competition (EMC) dimana kami mulai menyelenggarakannya secara daring pada tahun 2019 kemarin," ujarnya.

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA