Kamis 30 Jul 2020 14:17 WIB

Air Jordan 1 Bakal Pecahkan Rekor Sepatu Olahraga Termahal

Primadona penjualan daring itu adalah Air Jordan 1 High.

Michael Jordan
Foto: allaboutsportnew.blogspot.com
Michael Jordan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sebelas pasang sepatu Nike yang pernah dipakai legenda NBA Michael Jordan akan masuk lelang Kamis (30/7) ini, termasuk satu pasang yang bakal menciptakan rekor sepatu olah raga termahal di dunia. Primadona penjualan daring itu adalah Air Jordan 1 High yang dikenakan megabintang NBA itu dalam sebuah pertandingan ekshibisi pada 1985 di Italia ketika dia menghujamkan dunk yang demikian keras sampai memecahkan papan pantul hingga berserakan. Pecahan kaca itu bahkan masih menyangkut di bagian kiri dari sepasang sepatu itu.

"Itu momen ikonik dalam sejarah olahraga," kata Caitlin Donovan, kepala penjualan tas dan sepatu balai lelang Christie's yang menyelenggarakan lelang di Stadium Goods itu seperti dikutip AFP, Kamis.

Sepatu merah, putih dan hitam yang ditandatangani oleh Jordan itu diperkirakan terjual antara 650 ribu dolar AS (Rp 9,5 miliar) sampai dengan 850 ribu dolar AS (Rp 12,4 miliar).

Jika sepatu itu terjual pada harga minimalnya saja, maka akan memecahkan rekor harga sepatu olahraga paling mahal sepanjang masa yang saat ini dipegang oleh sepasang sepatu Air Jordan yang dilelang balai lelang Sotheby's Mei silam. Ketika itu, sepatu tersebut laku dengan harga 560 ribu dolar AS (Rp 8,1 miliar).

photo
Sepatu Air Jordan 1s milik Michael Jordan yang laku seharga Rp 8,1 miliar pada Mei 2000 silam (ilustrasi). Jordan akan kembali melelang sepatu Air Jordan 1 High. - (tangkapan layar sothebys)

Pasangan sepatu lainnya yang akan dilelang yang diadakan sampai 13 Agustus itu adalah Nike Air Ship yang dikenakan Jordan saat dia menjadi rookie pada musim pertamanya bersama dengan Chicago Bulls pada 1984. Sepasang sepatu ini dibanderol harga 550 ribu dolar AS.

Air Jordan 7 Olympic yang dipakai Jordan saat AS memenangkan medali emas Olimpiade usai melawan Kroasia pada Olimpiade Barcelona 1992 yang saat itu disebut dengan Dream Team didaftarkan pada harga 50 ribu-70 ribu dolar AS. Christie's memperkirakan bakal meraup dana total 2 juta dolar AS (Rp 29 miliar) dari lelang ini.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement