Friday, 17 Safar 1443 / 24 September 2021

Friday, 17 Safar 1443 / 24 September 2021

Mikel Arteta Bisa Manfaatkan Tiga Wonderkid Arsenal Ini

Kamis 30 Jul 2020 06:23 WIB

Rep: Rahmat Fajar/ Red: Israr Itah

Pelatih Arsenal Mikel Arteta

Pelatih Arsenal Mikel Arteta

Foto: EPA-EFE/Paul Childs
Arteta dihadapkan kendala manajemen Arsenal yang cukup pelit mengeluarkan dana.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON--Pelatih Arsenal, Mikel Arteta dapat memanfaatkan pemain produk akademi sendiri untuk mengarungi musim depan. Keuntungan jika memanfaatkan pemain akademi, mereka sudah mengetahui karakter dan filosofi tim yang tak dimiliki oleh pemain luar.

Arteta dihadapkan kendala manajemen Arsenal yang cukup pelit mengeluarkan dana untuk belanja pemain. Hal tersebut membuat Arteta harus memikir otak bagaimana caranya tim bisa berkembang. Salah satu opsinya adalah memanfaatkan pemain akademi.

Baca Juga

“Ada beberapa hal yang tidak bisa Anda bandingkan dengan siapa pun dari luar karena perasaan mereka dan hubungan mereka di dalam klub dan betapa mereka peduli, gairah mereka untuk tim kami berbeda dan itu campuran yang tidak Anda dapatkan dari orang lain,” kata Arteta, dilansir dari Football London, Rabu (29/7).

Tiga penggawa muda Arsenal yang bisa direkrut Arteta musim depan, menonjol di antara pemain lain. Berikut tiga pemain tersebut:

Emile Smith Rowe

Pemain ini kini dipinjamkan ke Huddersfield. Pemain 20 tahun tersebut bermain apik di pramusim. Namun pertanyaannya apakah Rowe siap bergabung dengan tim top seperti Arsenal? Belum ada pembicaraan antara Arsenal dengan Rowe apakah musim depan akan hengkang atau tetap milik The Gunners. Namun jika melihat proyeksi jangka panjang, Arteta bisa memakainya.

"Dia seorang pemain dengan kualitas yang sangat spesifik untuk bermain di kantong-kantong itu dalam posisi itu sebagai gelandang serang," puji Arteta.

Arteta senang bekerja dengannya dan terus memantau selama masa peminjaman. Menurutnya, Rowe adalah pemain yang mengesankan. Saat ini, Arteta mengklaim Rowe berkembang lebih dewasa. Arteta memperkirakan dia akan jauh lebih baik ketika pramusim. Rowe bisa menjadi penerus Mesut Ozil yang kurang mendapatkan kepercayaan dari Arteta.

Matthew Smith

Namanya bisa cukup akrab di tim Arsenal musim 2020/2021 apabila Arteta tertarik memanfaatkan kemampuannya. Smith dapat menjadi opsi Arteta memperkuat serangan musim depan. Ia disebut-sebut sebagai genarasi baru gelandang Arsenal.

Smith mempunyai tipe permainan yang lebih dalam. Ia mampu bertugas mengatur tempo permainan. Dia dapat menjadi pesaing Granit Xhaka dan Dani Ceballos. Smith juga mempunyai rekam jejak assist yang bagus. Di Liga Inggris U-18 musim 2018/2019 mencetak 14 gol dalam 22 pertandingan.

Tyreece John-Jules

Jules adalah pemain muda ketiga milik Arsenal bisa dipakai musim depan. Arsenal memang memiliki Pierre-Emerick Aubameyang di lini depan namun dia bisa menjadi opsi lain jika Aubameyang tak bisa dimainkan atau ingin mencoba strategi lain.

 

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA