Saturday, 18 Safar 1443 / 25 September 2021

Saturday, 18 Safar 1443 / 25 September 2021

350 Ribu Benih Ikan Ditebar di Situ Gede Tasikmalaya

Rabu 29 Jul 2020 13:15 WIB

Rep: Bayu Adji P/ Red: Gita Amanda

Sejumlah rakit bersandar di bibir danau wisata alam Situ Gede, Tasikmalaya, Jabar.

Sejumlah rakit bersandar di bibir danau wisata alam Situ Gede, Tasikmalaya, Jabar.

Foto: Antara/Adeng Bustomi
Penebaran benih itu dilakukan untuk menambah stok ikan yang ada di Situ Gede

REPUBLIKA.CO.ID, TASIKMALAYA -- Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian, dan Perikanan, Kota Tasikmalaya, menebar ikan di Situ Gede, Rabu (29/7). Ribuan ikan yang disebar itu merupakan jenis ikan nila, patin, tawes, nilem.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian, dan Perikanan, Kota Tasikmalaya, Tedi Setiadi mengatakan, ada sekira 350 ribu benih ikan yang ditebar. Menurut dia, penebaran benih itu dilakukan untuk menambah stok ikan yang ada di Situ Gede.

"Walaupun memasuki kemarau, tapi kami yakin bahwa Situ Gede ini tidak akan sampai kering. Jadi masih ada (ikannya untuk berkembang biak)," kata dia, Rabu.

Ia berharap, penebaran itu dapat mendukung perkembangbiakan ikan di Situ Gede. Tujuan akhirnya, ikan-ikan tersebut dapat dimanfaatkan masyarakat untuk kebutuhan konsumsi.

Namun, ia mengingatkan masyarakat untuk tetap bijak dalam mencari ikan di Situ Gede. Artinya, mencari ikan tak perlu dengan menggunakan jaring. Sebab, ketika menangkap ikan menggunakan jaring, benih berpotensi juga tertangkap. Alhasil, benih yang seharusnya dapat berkembang biak tak membuahkan hasil maksimal.

"Saya sudah sampaikan ke Wali (Kota) untuk dapat ditindaklanjuti. Apalagi yang menjaring itu bukan dari Tasik saja, tapi juga dari luar (daerah)," kata dia.

Tedi mengimbau, dalam mencari ikan, masyarakat tak hanya mementingkan kebutuhan saat ini. Lebih dari itu, harus dipikirkan pula perkembangbiakan ikan untuk masa-masa selanjutnya.

"Insyaallah kalau ditunggu 4-5 bulan besar dan bisa berkembang biak. Kita jaga secara bijak. Jangan dijaring," kata dia.

Sementara itu, Wali Kota Tasikmalaya, Budi Budiman mengatakan, penebaran ikan di Situ Gede bukanlah yang kali pertama dilakukan. Menurut dia, penebaran ikan merupakan program yang rutin dilakukan Pemerintah Kota (Pemkot) Tasikmalaya. Ia menyebutkan, penebaran ikan di Situ Gede kali ini dilakukan atas Pemkot Tasikmalaya dengan Cabang Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Barat (Jabar).

"Saya berpesan kepada masyarakat untuk menjaga lingkungan. Biarkan ikan ini berkembang dulu. Jangan sampai ikan masih kecil, dijaring," kata dia.

Menurut dia, Situ Gede itu harus menjadi sumber kehidupan masyarakat di Kota Tasikmalaya, selain juga menjadi ikon wisata. Karena itu, ia meminta masyarakat untuk bersama-sama menjaga ekosistem yang ada di Situ Gede.

Budi menambahkan, penebaran ikan di Situ Gede diharapkan dapat menumbuhkan juga kegemaran masyarakat mengonsumsi ikan. Sebab, ikan memiliki protein tinggi untuk tubuh manusia.

"Harus diakui presentase kita samgat rendah dalam mengonsumsi ikan. Karenanya, harus lebih digencarkan lagi gerakan makan ikan," kata dia.


BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA