Rabu 29 Jul 2020 11:45 WIB

Istana Ajak Warga Setop Aktivitas pada 17 Agustus

Ambil sikap sempurna dan berdiri tegak pada 17 Agustus 2020 Pukul 10.17 WIB.

Rep: Sapto Andika Candra/ Red: Agus Yulianto
Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno
Foto: Antara/Aditya Pradana Putra
Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Upacara peringatan HUT ke-75 Kemerdekaan RI di Istana Merdeka tahun ini, cukup berbeda. Adanya pandemi Covid-19 membuat upacara hanya dihadiri oleh enam orang pejabat dan sejumlah pihak yang memang bertugas. 

Sedangkan seluruh menteri akan mengikuti jalannya upacara secara virtual. Masyarakat juga luas diminta mengikuti upacara melalui siaran langsung di televisi. 

Pihak istana pun meminta seluruh masyarakat untuk turut menghormati peringatan tersebut dengan menghentikan kegiatan sejenak dan mengambil sikap sempurna pada 17 Agustus 2020 pukul 10.17 WIB.

"Hentikan semua kegiatan dan aktivitas saudara selama tiga menit saja pada tanggal 17 Agustus 2020 pukul 10 lewat 17 menit waktu Indonesia Bagian Barat," ujar Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Selasa (28/7). 

"Ambil sikap sempurna, berdiri tegak, untuk menghormati peringatan Detik-Detik Proklamasi," katanya lagi.

Cara ini diyakini mampu menjaga kekhidmatan peringatan proklamasi kendati upacata peringatan di Istana Merdeka dan di berbagai daerah dilakukan secara terbatas akibat pandemi. 

Hal tersebut dilakukan mengingat suasana pandemi yang tidak memungkinkan untuk menghadirkan masyarakat dan tamu undangan lain dalam jumlah besar serta lebih mengutamakan kesehatan dan keselamatan masyarakat. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement