Rabu 29 Jul 2020 10:27 WIB

Kasus Positif Covid-19 Sumbar Bertambah 17 Orang

Kasus positif Covid-19 di Sumbar bertambah 17 orang.

Rep: Febrian Fachri / Red: Bayu Hermawan
Covid-19 (ilustrasi).
Foto: www.freepik.com
Covid-19 (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, PADANG -- Sumatera Barat kembali mengalami lonjakan kasus positif covid-19. Hari ini, Rabu (29/7) terdapat 17 orang warga Sumbar dinyatakan positif tertular virus corona. Total kasus positif covid-19 di Sumbar hingga sekarang sudah 891 orang.

"Terjadi lonjakan lagi. Hari ini ada 17 orang yang didominasi Kota Padang," kata Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Sumbar Jasman Rizal. 

Baca Juga

Jasman menyebut dari 17 orang yang dinyatakan positif covid-19 hari ini 15 orang berasal dari Kota Padang dan masing-masing 1 orang dari Kabupaten Padang Pariaman dan Kota Solok. Sejak kemarin hingga dini hari tadi Laboratorium Fakultas Kedokteran Unand dan Lab Veteriner Baso melakukan pemeriksaan PCR terhadap 724 sampel swab, selain menemukan 17 kasus baru juga ada konfirmasi 8 pasien positif covid-19 yang berhasil sembuh. Total warga Sumbar yang sudah sembuh dari covid sudah 751 orang.

Jasman menjelaskan lonjakan kasus positif covid di Sumbar mayoritas adalah kasus impor. Karena sudah banyak orang luar masuk ke Sumbar "Berdasarkan hasil tracking dan tracing, hampir semua yang terpapar adalah imported case. Yang local transmission hampir tidak ada," ujar Jasman

Jasman mengimbau bagi siapapun yang baru pulang bepergian dari luar sumbar, terutama dari daerah yang kategori merah seperti Pulau Jawa dan sebagian provinsi lainnya di Indonesia agar melakukan test swab PCR  begitu mendarat di Bandara Internasional Minangkabau (BIM).  Di mana seluruh biaya test PCR ini ditanggung oleh Pemprov Sumbar.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement