Wednesday, 4 Jumadil Awwal 1443 / 08 December 2021

Wednesday, 4 Jumadil Awwal 1443 / 08 December 2021

Terungkapnya Naskah Kuno Ethiopia Berbahasa Arab Abad ke-14

Rabu 29 Jul 2020 08:09 WIB

Rep: Andrian Saputra/ Red: Nashih Nashrullah

Peneliti mengungkap naskah kuno berbahasa Arab di Ethiopia. Peta Ethiopia.

Peneliti mengungkap naskah kuno berbahasa Arab di Ethiopia. Peta Ethiopia.

Foto: Lonelyplanet.com/ca
Peneliti mengungkap naskah kuno berbahasa Arab di Ethiopia.

REPUBLIKA.CO.ID, ADIS ABABA – Seorang peneliti manuskrip bersejarah asal Ethiopia mengumpulkan manuskrip-manuskrip Islam langka yang berasal dari abad ke-14. 

Ialah Hassan Mohammad Kav yang memiliki manuskrip-manuskrip tulisan Arab dari abad ke-14. Manuskrip-manuskrip itu juga menjadi penanda hubungan yang erat antara Afrika khususnya Ethiopia dengan dunia Arab.   

Baca Juga

Sebab menurut Mohammad kav, Ethiopia menjamu kedatangan sejumlah sahabat Nabi pada masa hijrah yakni berpindahnya Nabi Muhammad pada 662 M dari Makkah ke Yastrib di Madinah. Ethiopia mempunyai banyak manuskrip Islam yang sebagian besar disimpan di Museum Bilal Adis Ababa. 

Mohammad Kav mengatakan ada ribuan manuskrip Islam langka yang sangat berharga dari berbagai negara yang kebanyakan ditulis dalam bahasa Arab.  

Diantara naskah-naskah itu adalah ayat-ayat Alquran, tafsir Alquran, hadits dan perintah agama. Naskah-naskah itu juga ditulis para ulama Ethiopia pada kulit binatang. 

Naskah tidak hanya menggunakan bahasa Arab namun juga menggunakan 11 bahasa lokal Ethiopia. Diantara manuskrip itu berupa ilmu kedokteran, astronomi, sastra, dan ilmu-ilmu lainnya. 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA