Rabu 29 Jul 2020 06:52 WIB

Sejarah Hari Ini: Pangeran Charles dan Lady Diana Menikah

Pangeran Charles dan Lady Diana menikah pada 29 Juli 1981

Rep: Fergi Nadira B/ Red: Nashih Nashrullah
Putri Diana dan Pangeran Charles menikah pada 29 Juli 1981
Foto: EPA
Putri Diana dan Pangeran Charles menikah pada 29 Juli 1981

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON— Pada 29 Juli 1981, Pangeran Charles (32 tahun) dan Lady Diana Spencer (20 tahun) menikah di Katedral St Paul di hadapan sidang. Kerumunan sekitar 600 ribu orang memenuhi jalanan London dan disaksikan oleh seluruh dunia melalui siaran langsung. 

Sekitar 3.500 orang menyaksikan sidang pernikahannya dan diperkirakan sekitar 750 juta pemirsa TV global menjadikannya program paling populer yang pernah disiarkan. Warga Inggris menikmati hari libur nasional untuk menandai kesempatan tersebut. 

Baca Juga

Dilansir BBC History, Lady Diana tiba hampir tepat waktu untuk upacara pernikahan pada pukul 11.20 setelah melakukan perjalanan dari Clarence House di Glass House bersama ayahnya, Earl Spencer. Dia berjalan anggun selama tiga setengah menit menaiki lorong berkarpet merah dengan kereta setinggi 7,62 meter yang dirancang Emmanuel, taffeta gading, dan gaun renda antik yang membentang di belakangnya. 

Uskup Agung Canterbury Dr Robert Runcie memimpin pelayanan Gereja tradisional Inggris. Dia juga dibantu oleh para pendeta dari banyak denominasi.  

Sementara Charles mengenakan pakaian seragam lengkap seorang komandan angkatan laut. Setelah upacara penandatanganan pribadi singkat, Pangeran dan Putri Wales berjalan kembali menyusuri lorong ke refrain Elgar's Pomp and Circumstance. 

Pengantin baru membawa landau negara bagian terbuka ke Istana Buckingham di mana mereka muncul di balkon pada 13.10 untuk memberikan ciuman yang mereka rindukan kepada orang banyak. Setelah itu Charles dan Diana jarang terlihat dari pandangan publik untuk menikmati pesta pernikahannya dengan 120 tamu keluarga.  

Dalam waktu kurang dari satu tahun pasangan ini menghasilkan anak pertama mereka, William, pada 21 Juni 1982. Putra keduanya, Pangeran Harry, lahir pada 15 September 1984. 

Pada saat itu, hubungan jangka panjang Pangeran Charles dengan Camilla Parker-Bowles menjadi beban bagi pernikahannya. Hubungan Putri Diana dengan anggota Keluarga Kerajaan lainnya juga memburuk dan dia mengembangkan bulimia. 

Pasangan itu akhirnya berpisah pada 1993. Diana berbicara secara terbuka tentang masalahnya dan perselingkuhannya sendiri dan suaminya dalam film dokumenter Panorama pada November 1995. 

Pernikahan secara resmi berakhir dengan dekrit absolut pada Agustus 1996. Diana terbunuh dalam kecelakaan mobil pada tahun 1997. Pangeran Charles dan Camilla Parker-Bowles menikah pada 9 April 2005.

Sumber:http://news.bbc.co.uk/onthisday/hi/dates/stories/july/29/newsid_2494000/2494949.stm

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement