Selasa 28 Jul 2020 19:36 WIB

Kereta Argo Lawu, Dwipangga dan Taksaka akan Beroperasi Lagi

Daop Yogyakarta menambah 6 kereta untuk melayani Idul Adha.

Rep: Wahyu Suryana/ Red: Dwi Murdaningsih
Penumpang KA Taksaka tujuan Yogyakarta menaiki kereta di Stasiun Gambir, Jakarta, Sabtu (1/6/2019).
Foto: Antara/Galih Pradipta
Penumpang KA Taksaka tujuan Yogyakarta menaiki kereta di Stasiun Gambir, Jakarta, Sabtu (1/6/2019).

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- PT KAI Daop 6 Yogyakarta operasikan lagi KA Argo Lawu, KA Argo Dwipangga dan KA Taksaka untuk mengakomodasi kebutuhan masyarakat jelang Idul Adha. Dibuka mulai 30 Juli 2020, KAI memberi potongan harga untuk penumpang.

Manajer Humas PT KAI Daop 6 Yogyakarta, Eko Budiyanto mengatakan, kereta yang menjadi pilihan masyarakat Kota Solo dan Kota Yogyakarta itu sempat berhenti dioperasikan. Langkah itu dilakukan tidak lain mencegah penyebaran Covid-19.

Baca Juga

Namun, mulai 30 Juli 2020 KA Argo Lawu jadwal pemberangkatan 21.00 WIB dari Stasiun Gambir akan dijalankan. Lalu, pada 2 Agustus 2020 KA Argo Dwipangga jadwal keberangkatan 19.45 dari Stasiun Solo Balapan akan turut dijalankan.

"Selain itu, KA Taksaka dengan jadwal keberangkatan pukul 21.30 dari Stasiun Gambir juga akan dijalankan," kata Eko melalui rilis yang diterima Republika.co.id, Selasa (28/7).

Eko menegaskan, pengoperasian KA Argo Lawu, KA Taksaka, dan KA Argo Dwipangga pada 30 Juli dan 2 Agustus itu selanjutnya akan dilakukan evaluasi. Utamanya, disesuaikan animo atau kebutuhan masyarakat yang menggunakan KA itu sendiri.

Masyarakat yang akan menggunakan moda transportasi KA keberangkatan Gambir ke Yogyakarta atau Solo Balapan bisa menggunakan KA Argo Lawu, KA Taksaka dan KA Argo Dwipangga. Itu berlaku pula untuk penumpang dari Solo Balapan ke Gambir.

Dalam perjalanan, KA Argo Lawu dan KA Argo Dwipangga akan singgah ke Stasiun Klaten, Yogyakarta, Kutoarjo, Purwokerto, Cirebon sampai Gambir. Ini untuk melayani penumpang yang akan naik maupun turun di stasiun-stasiun tersebut.

Terdapat potongan tarif sampai 25 persen untuk KA Argo Lawu dan KA Argo Dwipangga melalui promo Big Sale. Ini merupakan wujud apresiasi kepada pelanggan KAI dalam menyambut libur panjang Hari Raya Idul Adha 1441 H.

Untuk KA Lawu dan KA Argo Dwipangga dari Rp 440.000 jadi Rp 360.000. Lalu, KA-KA lain seperti KA Bima Gambir-Malang dari Rp 650.000 menjadi Rp 500.000, dan KA Turangga Gambir-Surabaya Gubeng dari Rp 630.000 menjadi Rp500.000.

"Promo Big Sale ini berlaku untuk perjalanan KA 30 Juli-2 Agustus 2020. Tiket yang mendapatkan promo jumlahnya terbatas, dapat dipesan di KAI Access, laman web kai.id, dan semua mitra-mitra resmi penjualan tiket KAI lain," ujar Eko.

KAI tetap menerapkan protokol kesehatan ketat dalam perjalanan seperti surat bebas Covid-19, memakai masker, suhu tidak lebih 37,3 derajat, kondisi sehat, tidak demam, batuk, flu dan sesak nafas), dan diimbau memakai lengan panjang.

Pelanggan KA jarak jauh juga diharuskan mengenakan pelindung wajah selama perjalanan sampai meninggalkan area stasiun tujuan. Bagi pelanggan dewasa, pelindung wajah akan disediakan KAI.

Pelanggan usia bawah tiga tahun diminta membawa pelindung wajah dari rumah. Mulai 30 Juli 2020, Daop 6 Yogyakarta bersama RNI akan pula menghadirkan rapid test seharga Rp 85.000 di Stasiun Solo Balapan dan Stasiun Yogyakarta.

"Dengan jam pelayanan rapid test di stasiun mulai 07.00-19.00," kata Eko.

Bagi pelanggan yang akan memanfaatkan layanan rapid test dapat menunjungi stan yang tersedia di kedua stasiun. Jika melakukan pada hari keberangkatan, disarankan berangkat dari rumah lebih awal untuk mengantisipasi antrian.

"KAI berkomitmen untuk mengoperasikan kereta api dengan tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat pada saat perjalanan," ujar Eko.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement