Selasa 28 Jul 2020 11:03 WIB

China Catat Kasus Lokal Covid-19 Tertinggi Sejak Maret

China melaporkan 68 kasus baru infeksi Covid-19 sepanjang 24 jam hingga Senin (27/7)

Rep: Fergi Nadira/ Red: Christiyaningsih
China melaporkan 68 kasus baru infeksi Covid-19 sepanjang 24 jam hingga Senin (27/7) malam. Ilustrasi.
Foto: EPA-EFE/WU HONG
China melaporkan 68 kasus baru infeksi Covid-19 sepanjang 24 jam hingga Senin (27/7) malam. Ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, BEIJING - Komisi Kesehatan Nasional China melaporkan 68 kasus baru infeksi Covid-19 sepanjang 24 jam hingga Senin (27/7) malam waktu setempat. Angka ini termasuk 64 infeksi yang ditularkan secara lokal.

Ini adalah hari kedua berturut-turut China melaporkan jumlah kasus lokal tertinggi sejak 6 Maret. Pada Senin (27/7), negara tersebut melaporkan 57 infeksi lokal baru untuk kasus satu hari pada Ahad.

Baca Juga

Dilansir CNN, di antara 64 kasus yang ditransmisikan secara lokal yang dilaporkan pada Selasa (28/7), sekurangnya 57 kasus terdeteksi berada di Xinjiang, enam di Liaoning, dan satu di Beijing. China juga melaporkan 34 infeksi asimtomatik baru, yang tidak termasuk dalam penghitungan keseluruhan.

Wilayah barat Xinjiang telah melihat wabah Covid-19 di ibu kota Urumqi sejak 15 Juli, setelah hampir lima bulan tidak ada kasus baru. Xinjiang belum menjelaskan bagaimana seorang wanita 24 tahun yang bekerja di sebuah mal di ibu kotanya Urumqi, terjangkit virus.

Dilansir Channel News Asia, Provinsi timur laut Liaoning melaporkan enam kasus baru pada 27 Juli. Wabah saat ini di Liaoning, yang dimulai pada 22 Juli, sebagian besar berpusat di kota pelabuhan Dalian, timur Beijing. Kasus pertama di Dalian adalah pekerja di perusahaan pengolah makanan laut dan belum melakukan perjalanan ke luar kota dalam beberapa pekan terakhir.

Untuk menahan penyebaran virus, Xinjiang dan Dalian telah menguji jutaan orang untuk CoVid-19 meski virus telah bergerak dengan ceoat.

Beijing melaporkan dua infeksi baru, satu terkait dengan Dalian dan lainnya diimpor. Itu adalah kasus baru pertama di ibu kota China selama lebih dari tiga pekan. Pada Senin, provinsi timur laut Jilin melaporkan dua kasus baru, infeksi pertamanya sejak Mei. Keduanya adalah staf di perusahaan pengolah makanan laut Dalian dan telah melakukan perjalanan kembali ke Jilin dari Dalian terdekat sekitar 10 hari yang lalu.

China juga melaporkan 34 pasien tanpa gejala baru, turun dari 44 hari sebelumnya. Hingga Senin (27/7) yang dilaporkan Komisi Kesehatan Cina pada Selasa (28/7), daratan China memiliki 83.959 kasus infeksi Covid-19 yang dikonfirmasi dengan angka kematian di angka tetap 4.634.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement