Selasa 28 Jul 2020 10:16 WIB

Bocoran Samsung Galaxy Tab S7 dan S7+

Tab S7 dan S7+ menjadi tablet Samsung pertama dengan layar refresh rate 120 Hz.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Dwi Murdaningsih
Seri Galaxy Tab S7
Foto: gsm arena
Seri Galaxy Tab S7

REPUBLIKA.CO.ID, SEOUL-- Setengah tahun setelah meluncurkan Galaxy Tab S6 5G, Samsung sedang mempersiapkan tablet andalannya. Perangkat tersebut kemungkinkan akan diluncurkan pada acara 5 Agustus bersama dengan duo Note20.

Ada alasan bagus untuk membagikan perangkat ini di acara Galaxy Unpacked. Tab baru Samsung akan menampilkan dukungan S Pen yang ditingkatkan dengan peningkatan yang sama dengan smartphone seri Note.

Baca Juga

Perangkat ini akan ada dua model, Galaxy Tab S7 dan S7+. Kedua perangkat ini akan menggunakan layar yang berbeda, yaitu lebih besar dari panel 10,5 inci pada S6. Perangkat ini akan menjadi tablet Samsung pertama dengan layar refresh rate tinggi, 120 Hz.

Galaxy Tab S7+ berukuran lebih besar dengan layar AMOLED 12,4 inci dengan resolusi 2.800x1.752 piksel (dan in-display fingerprint reader). Tab S7 akan memiliki LCD LTPS 11 inci  (2.560 x 1.600 piksel, side-mounted FP reader).  Dilansir dari GSM Arena, Selasa (28/7),  LCD akan sedikit lebih terang daripada panel AMOLED, 500 nits vs 420 nits.

Keduanya akan memiliki latensi 9ms yang sama untuk input S Pen sebagai Note 20 Ultra. Respons yang cepat akan membuatnya terasa seperti sedang menulis di atas kertas. Strip dekoratif yang direntangkan dari kamera di bagian belakang akan menjadi titik ikatan magnetik untuk stylus.

Kedua tablet akan ditenagai oleh chipset Snapdragon 865+ (tablet yang menggunakan chip baru). Chipset akan dipasangkan dengan RAM LPDDR5X kecepatan tinggi, mulai dari 6GB, ditambah penyimpanan 128GB.

Versi 5G dari tablet akan memiliki penyimpanan 256GB, kemungkinan lebih banyak RAM juga (akan ada slot kartu microSD).

Galaxy Tab S7 yang lebih kecil akan memiliki baterai 7.040 mAh. Sedangkan S7+ akan mengemas daya 10.090 mAh.

Keduanya akan mendukung pengisian cepat 45W melalui port USB-C. Namun, pengguna harus menyediakan sendiri, karena tablet dikabarkan datang hanya dengan pengisi daya 15W di dalam boksnya.

S7 akan lebih ringan dari model S7+, yakni 495 gram vs 590 gram. Namun S7+ akan lebih tipis yakni 7,7 mm dibandingkan dengan S7 yakni 6,34mm. Metal body tablet akan dicat dalam warna Mystic Bronze, Mystic Silver dan Mystic Black.

Tablet akan memiliki dua kamera di bagian belakangnya, yakni kamera wide dengan sensor 13MP yang mampu merekam video 4K pada 30fps. Selain itu kamera ultra wide-angle 5MP, ditambah lampu kilat LED. Kamera ketigapada tablet adalah kamera swafoto 8MP.

Galaxy Tab S7 dan S7+ disiapkan untuk bersaing dengan iPad Pro dan Surface. Untuk itu, Samsung akan merilis add-on keyboard dengan track pad besar untuk digunakan dalam mode DeX.

Terkait produktivitas, tablet akan hadir dengan aplikasi Samsung Note yang ditingkatkan dan integrase mendalam dengan Microsoft OneNote dan Outlook. Kedua tablet Galaxy Tab S7 akan bagus untuk dikonsumsi multimedia karena mereka menampilkan empat speaker AKG di samping dengan dukungan Dolby Atmos.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement