Senin 27 Jul 2020 12:54 WIB

Secara Bertahap PT KAI Sediakan Layanan Rapid Test

Kerja sama ini memberikan kemudahan kepada pelanggan KA jarak jauh di masa new normal

Rep: Rahayu Subekti/ Red: Hiru Muhammad
PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI dan anak usaha PT Rajawali Nusantara Indonesia yakni PT Rajawali Nusindo di Stasiun Pasar Senen, Senin (27/7) melakukan penandatangann kerja sama penyediaan rapid test di 12 stasiun KAI.
Foto: Republika/ Rahayu Subekti
PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI dan anak usaha PT Rajawali Nusantara Indonesia yakni PT Rajawali Nusindo di Stasiun Pasar Senen, Senin (27/7) melakukan penandatangann kerja sama penyediaan rapid test di 12 stasiun KAI.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI hari ini resmi menandatangani kerja sama dengan anak usaha PT Rajawali Nusantara Indonesia (Persero) yakni PT Rajawali Nusindo dalam memberikan layanan rapid test atau tes cepat untuk penumpang kereta api (KA) jarak jauh. Direktur KAI Didiek Hartantyo mengatakan layanan tersebut akan secara bertahap disediakan di 12 stasiun. 

“Kami fokuskan di 12 stasiun besar seperti Gambir, Pasar Senen, Cirebon, Semarang, dan lainnya. Besok Selasa (28/7) bertahap di 12 stasiun,” kata Didiek di Stasiun Pasar Senen, Senin (27/7). 

Didiek menuturkan, kerja sama dengan Rajawali Nusindo bisa memberikan kemudahan kepada pelanggan KA jarak jauh pada masa adaptasi kebiasaan baru. Dia memastikan, KAI menyediakan lokasi di stasiun untuk digunakan dalam pelaksanaan tes cepat Covid-19 mulai pukul 07.00 WIB sampai 19.00 WIB. “RNI (Rajawali Nusindo) akan menyediakan fasilitas tes cepat di stasiun bagi pelanggan yang telah memiliki tiket KA atau kode booking dengan biaya Rp 85 ribu di 12 stasiun,” kata Didiek. 

Dia menambahkan, kerja sama dengan Rajawali Nusindo berlaku selama tiga bulan sejak ditandatangani perjanjian atau sampai kebijakan syarat tes cepat dicabut  instansi yang berwenang. Saat ini, pengguna KA jarak jauh masih harus menyertakan dokumen bebas Covid-19 dengan menyertakan hasil rapid test atau PCR test. 

Direktur Niaga KAI Maqin U Norhadi mengatakan mengatakan terdapat alasan tersendiri layanan tes cepat dilakukan bertahap hingga 12 stasiun. Maqin mengatakan KAI juga perlu berkoordinasi terkait pelaksanaan tes cepat di sejumlah stasiun besar. “Kita memerluka tata kesehatan dari petugas medisnya juga harus siap,” tutur Maqin. 

Direktur Keuangan Rajawali Nusindo Gigis Saptono juga akan menyediakan tenaga medis dalam memberikan pelayanan tes cepat kepada penumpang KA jarak jauh KAI. Gigis menuturkan hasil tes cepat juga tidak memerlukan waktu lama.“Hasil tes cepat akan keluar 10-15 menit setelah sampel darah diambil dan penumpang akan mendapatkan surat keterangan hasilnya,” jelas Gigis. 

Hari ini (27/7) layanan tes cepat sudah tersedia di Stasiun Pasar Senen. Selanjutnya secara bertahap layanan rapid untuk penumpang jarak jauh akan tersedia di Stasiun Gambir, Bandung, Cirebon, Semarang Tawang, Purwokerto, Yogyakarta, Solo Balapan, Madiun, Surabaya Gubeng, Surabaya Pasarturi, dan Malang. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement