Thursday, 26 Zulhijjah 1442 / 05 August 2021

Thursday, 26 Zulhijjah 1442 / 05 August 2021

Tanda-Tanda Orang yang Cinta Allah

Senin 27 Jul 2020 10:16 WIB

Rep: Imas Damayanti/ Red: Muhammad Hafil

Tanda-Tanda Orang yang Cinta Allah. Foto ilustrasi: Kaligrafi Allah

Tanda-Tanda Orang yang Cinta Allah. Foto ilustrasi: Kaligrafi Allah

Foto: frontpagemag.com
Ada tanda-tanda orang yang mencintai Allah.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Sudah sepatutnya sebagai seorang makhluk mencintai Sang Mahapencipta, Allah SWT. Apa kira-kira tanda bagi orang yang mencintai Allah?
Dalam kitab Raudhah Al-Muhibbin karya Ibnu Qayyim Al-Jauzi disebutkan, jika seorang hamba mencintai sesuatu atau seseorang yang juga mencintai Allah dan Rasul-Nya, maka cintanya adalah cinta yang terpuji dan mendatangkan pahala.

Salah satu tanda mencintai Allah adalah dengan mencintai orang-orang yang cintanya kepada Allah serta Rasul-Nya sangatlah besar. Tanda lainnya adalah mereka yang mencintai Alquran, hati dan jiwanya jatuh cinta kepada makna-makna dan kandungan yang ada di dalam Alquran.

Baca Juga

Bukanlah tanda bagi orang-orang yang mencintai Allah apabila ia tidak mencintai Alquran. Ibnu Qayyim Al-Jauzi bahkan menuliskan syair tentang tanda-tanda orang yang mencintai Allah.

Jika kau mengaku mencintai-Ku (Allah)
Mengapa kau hindari Kitab-Ku (Alquran)?
Jika begitu, kau telah menghayalkan,
Kandungannya yang penuh nikmat.

Tak hanya tanda-tanda tersebut, selalu mengingat Allah dengan berdzikir dan berdoa juga merupakan bagian dari tanda-tanda orang yang mencintai Allah SWT. Orang yang mencintai Allah juga dapat terlihat dengan bagaimana ia mencintai ilmu dan mendermakan ilmunya hanya untuk kebaikan dan diniatkan atas Allah SWT.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA