Senin 27 Jul 2020 09:06 WIB

Sarri dan Deretan Pelatih Uzur yang Memenangkan Scudetto

Sarri memenangkan gelar Serie A, pada usia 61 tahun enam bulan.

Rep: Frederikus Bata/ Red: Endro Yuwanto
Pelatih Juventus, Maurizio Sarri.
Foto: Republika
Pelatih Juventus, Maurizio Sarri.

REPUBLIKA.CO.ID, TURIN -- Akhirnya Maurizio Sarri merasakan scudetto. Eks arsitek Chelsea itu baru saja membawa Juventus kembali merajai Serie A Liga Italia.

Pengalaman pertama bagi Sarri. Sebuah rekor baru, tercipta atas nama yang bersangkutan.

Baca Juga

"Ia menjadi pelatih tertua yang memenangkan gelar Serie A, yakni pada usia 61 tahun enam bulan," demikian laporan yang dikutip dari Football Italia, Senin (27/7).

Pemegang rekor sebelumnya bernama Nils Liedholm. Pada 1983, ia meraih scudetto bersama AS Roma.

Saat itu, Liedholm berusia 60 tahun tujuh bulan. Sebelumnya pada 1979, ia mendapat gelar Serie A, ketika menangani AC Milan.

Artinya, Liedholm memegang rekor sebagai pelatih tertua yang meraih scudetto, pada kesempatan kedua. Berbeda dengan Sarri yang menorehkan catatan tersebut, saat pertama kali merasakan gelar Serie A.

Di tempat ketiga, ada sosok bernama Vujadin Boskov. Pria Serbia itu membawa Sampdoria merajai Serie A pada 1991. Saat itu, Boskov berusia 60 tahun.

Selanjutnya, Fulvio Bernardini. Sosok yang meraih scudetto bersama Bologna pada 1964. Waktu itu ia berusia 58 tahun.

Masih ada Lajos Czeizler. Pelatih asal Hungaria ini berjaya bersama Milan pada 1951. Saat itu usia Lajos menyentuh angka 57 tahun delapan bulan.

Kembali ke Sarri. Sebelum mendapatkan scudetto, prestasi tertingginya adalah membawa Chelsea menjuarai Liga Europa musim 2018/2019.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement