Ahad 26 Jul 2020 21:28 WIB

Delapan Warga Ponorogo Sembuh dari Covid-19

Kasus positif Covid-19 Ponorogo bertambah tiga orang.

Rep: Wilda Fizriyani/ Red: Indira Rezkisari
Ilustrasi virus corona. Warga Ponorogo diminta terus waspada terhadap Covid-19.
Foto: CDC via AP, File
Ilustrasi virus corona. Warga Ponorogo diminta terus waspada terhadap Covid-19.

REPUBLIKA.CO.ID, PONOROGO -- Sebanyak delapan warga di Kabupaten Ponorogo telah dinyatakan sembuh dari Covid-19. Laporan ini menggenapkan jumlah kesembuhan mencapai 122 orang, Ahad (27/7).

Bupati Ponorogo, Ipong Muchlissoni, mengatakan warga sembuh dari Covid-19 terdiri atas pasien nomor 41, 55, 79 dan 124. Keempatnya merupakan bagian dari kelompok kasus Ronowijayan, Siman, Ponorogo. Pasien sembuh berikutnya nomor 125 dari Ngebel, 127 dari Balong, kasus ke-132 dari Slahung dan 133 dari Sambut.

Baca Juga

"Semoga pasien yang lainnya segera menyusul sembuh. Terima kasih kepada semua pihak yang membantu kesembuhan pasien-pasien tersebut," kata Ipong, Ahad (27/7).

Di sisi lain, jumlah kasus positif Covid-19 juga bertambah tiga orang, Ahad (27/7). Menurut Ipong, ketiganya terdata mempunyai riwayat perjalan dari luar kota.

Pertama, perempuan berusia 41 tahun dengan domisili di Tumpuk, Sawoo, Ponorogo. Pasien yang bekerja di Surabaya ini sempat melakukan uji cepat  dengan hasil reaktif. Kemudian dia pulang ke Ponorogo lalu melakukan tes usap dengan hasil positif.

"Hasil tracing sampai saat ini ditemukan kontak erat sebanyak lima orang yang selanjutnya akan dilakukan testing," ucapnya.

Kasus berikutnya dialami perempuan berusia 25 tahun beralamat di Kerugian, Pulung, Ponorogo. Pasien baru tiba dari Surabaya pekan sebelumnya lalu melakukan uji cepat dengan hasil reaktif. Setelah diuji usap, pasien dilaporkan positif Covid-19.

Laki-laki berusia 55 tahun dari Ronowijayan, Siman juga dilaporkan terpapar virus corona. Ia memiliki riwayat pekerjaan yang mengharuskannya pergi ke Nganjuk dan Surabaya. Pasien sempat mengeluh sakit pada sepekan sebelumnya lalu dilakukan pemeriksaan.

"Karena terdapat gejala mengarah Covid-19, maka pasien dirujuk ke RS untuk dilakukan rawat inap dan pengambilan swab. Hari ini didapatkan hasil PCR positif," ungkap Ipong.

Dengan adanya kasus baru ini, Ipong mengingatkan warganya saling menjaga dan kompak memutus rantai penularan Covid-19. Tidak lupa meningkatkan kedisiplinan dalam melaksanakan protokol kesehatan Covid-19. Lalu meningkatkan kewaspadaan dengan memantau kedatangan warga dari zona merah dan melaporkannya.

Ia juga meminta masyarakat mengaktifkan kembali peran Satgas Covid-19 di desa/kelurahan. Total kasus positif Covid-19 di Ponorogo telah mencapai 185 orang, Ahad (27/7). Sekitar 122 di antaranya telah sembuh, lima orang meninggal dan lainnya masih dalam perawatan serta isolasi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement