Ahad 26 Jul 2020 17:05 WIB

Klepon: Dari Singkek Rentenir Sampai Hidangan Hari Lahir

Tak makan klepon di Indonesia seperti ke Paris tapi tidak menikmati keju.

Kue Klepon.
Foto:

Di luar Klepon sebagai nama desa yang telah bikin heboh, klepon sebagai nama makanan yang dihebohkan pekan ini, juga disukai orang-orang Belanda. Seorang Belanda yang memakai nama Oom Alex menulis tentang klepon di Java Bode, 24 November 1954.

Tidak makan klepon di Indonesia, menurut Oom Alex seperti berada di Paris tapi tak menikmati keju. Atau berada di Belanda tapi tak memiliki air tawar. “Klepon adalah satu hal yang paling menyenangkan yang disediakan di Indonesia,’’ tulis Oom Alex.

Ia mendeskripsikan klepon kepada orang-orang yang belum pernah merasakannya. Bola bulat dari tepung ketan, seukuran bola bekel, berisi gula jawa cair, dan dilapisi kelapa parut.

“Pembuatan klepon memerlukan keterampilan yang hebat dan mungkin lebih dari itu juga memerlukan dedikasi khusus,’’ lanjut dia.

Oom Alex sangat terkesan dengan klepon buatan Bibi Noes dari Semarang. Ia merasakan klepon pecah saat di dalam mulut lalu merasakan lelehan gula jawa yang menyapu mulut. Jika tak ada gigi yang berlubang, klepon bisa dibolak-balik, lidah berlumuran lelehan gula jawa. Ada rasa asin dan manis.

“Asin bercampur dengan manis, saat suka dan duka menyatu dalam kehidupan. Itulah kesenangan tertinggi, karena suka dan duka berbarengan membuat keberadaan manusia begitu kaya dalam kehidupan yang layak,” tulis Alex.

Namun, kata Oom Alex, ada saatnya harus menelan klepon. Kemudian kleponnya hilang tertelan dan kesenangan pun berakhir. Semua itu membuat membuat penyuka klepon bersedih dan perlu mengambil klepon lagi untuk merawat kesenangan, layaknya jalan kehidupan yang perlu selalu dirawat.

Di Jawa, menurut Padmasusastra di buku Tatacata (1911), klepon menjadi salah satu makanan yang harus ada di acara selamatan delapan bulan kehamilan. Nama selamatannya “bulus angkrem”.

Kura-kura yang mengerami telur, menunggu kelahiran kehidupan baru. Klepon disajikan dengan cara: Serabi putih ditengkurapkan di atas klepon. Klepon disimbolkan sebagai telur, serabi disimbolkan sebagai rumah kura-kura.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement