Jumat 21 Aug 2020 04:05 WIB

3 Artefak Islam di Museum Nasional Inggris

Museum Nasional Inggris menyimpan benda seni dan artefak peninggalan Islam.

Foto: republika
Artefak Islam yang tersimpan di museum Inggris

REPUBLIKA.CO.ID, Museum Nasional Inggris menyimpan benda seni dan artefak peninggalan Islam. Pada 18 Oktober 2018, museum ini menampilkan pameran koleksi peninggalan Islam.

 

Gedung itu menyiapkan ruangan khusus yang dirancang arsitektur Stanton Williams. Nuansa ruangan itu terasa elegan dan monumental memberikan sentuhan Islami klasik.

 

 

Ruangan itu jauh lebih luas daripada galeri yang sebelumnya menjadi tempat koleksi. Berikut ini di antara koleksi benda bersejarah Islam di Museum Nasional Inggris: 

>Lampu Masjid

Benda ini merupakan peninggalan dari pertengahan abad ke-16 dari Masjid Kubah Batu di Yerusalem. Benda itu diwariskan mantan wali kota Charles Drury Edward Fortnum (1820-99). Lampu tersebut dibuat pada masa dinasti Turki Usmani pada 1549. 

>Lukisan dan Kaligrafi

Lukisan ini menampilkan Ibrahim Adil Shah II yang sedang memuliakan Sufi. Lukisan ini berasal dari dinasti Adil Shah dibuat antara tahun 1620-1627. Sedangkan, kaligrafi berasal dari dinasti Mughal dibuat antara 1733-1734.

>Astrolab

Astrolab adalah instrumen astronomi zaman dahulu, terbuat dari kuningan, dilapisi perak, dan diukir dengan tujuh pelat lintang. Benda bersejarah ini ditandai dengan penunjuk ke 63 bintang. Berasal dari Dinasti Safawi yang dibuat pada 1712. Shah Sultan Husain ketika berkuasa berperan dalam pembuatan instrumen besar ini.

 

Penulis       : Ratna Ajeng Tejomukti

 

Pengolah   : Nashih Nashrullah

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement