Ahad 26 Jul 2020 11:54 WIB

Keluhan Tentara Muslim Jerman tak Dapatkan Layanan Keagamaan

Layanan keagamaan tak didapatkan tentara muslim Jerman.

Rep: Imas Damayanti/ Red: Muhammad Hafil
Keluhan Tentara Muslim Jerman tak Dapatkan Layanan Keagamaan. Foto: Tentara Jerman (Ilustrasi)
Keluhan Tentara Muslim Jerman tak Dapatkan Layanan Keagamaan. Foto: Tentara Jerman (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, BERLIN -- Letnan Nariman Hammounti Reinke merupakan salah satu tentara Muslim Jerman yang mempertaruhkan nyawanya untuk Jerman di Afghanistan. Namun, pada tingkat agama dia merasa ditinggalkan oleh angkatan militer Jerman (Bundeswehr) dalam layanan agama meskipun jumlah pasukan Muslim semakin banyak di tentara negara itu.

Dilansir di DW, Ahad (26/7), Nariman mengatakan bagaimana di saat-saat kritis dalam peperangan, seorang tentara membutuhkan dukungan spiritual. Untuk bersiap dalam kondisi paling kritis pun, layanan keagamaan tak tersedia untuk tentara Muslim Jerman. Sehingga, Nariman mempersiapkan kain kafannya sendiri apabila ternyata ia tewas di medan perang.

Baca Juga

"Saya pernah mengalami situasi di mana saya berpikir ini waktu krisis. Ini bukan latihan lagi. Itu adalah tembakan nyata dan rudal yang ditembakkan ke arahku, dan tak ada dukungan spiritual," kata Nariman. 

Nariman Hammouti Reinke merupakan seorang prajurit berusia 41 tahun di Bundeswehr Jerman. Ketika dia berbicara tentang misinya di Bundeswehr, seseorang dapat merasakan tekanan dan ketakutan dari minggu-minggu dan bulan penyebaran asing yang berbahaya.

Letnan Hammouti-Reinke adalah seorang Muslim Jerman. Dia memiliki anak perempuan dari orang tua Maroko, dia dilahirkan di dekat Hanover di utara Jerman. Baginya, mempersiapkan diri untuk ditempatkan di luar negeri sangat memengaruhi dirinya pada tingkat pribadi dan agama.

"Saya membawa kafan saya sendiri," kata penulis buku Ich diene Deutschland (Saya melayani Jerman) itu.

Dia menceritakan bahwa ia harus menulis semacam manual untuk atasannya jika ia terbunuh di medan perang. Sehingga dia harus memikirkan dan mengatur siapa yang akan memberi tahu orangtuanya jika dia mati.

Perawatan pastoral militer hanya untuk orang Kristen dan Yahudi. Sedangkan seorang prajurit Muslim yang ditugaskan di sebuah misi berbahaya perlu merencanakan secara rinci. Terlebih lagi, karena tidak ada perawatan pastoral militer Muslim yang ditawarkan dalam tentara Jerman, hal itu merupakan sebuah diskriminasi. 

"Itu masih diskriminasi dan perlakuan tidak adil," kata Nariman.

Segala sesuatu seharusnya berbeda. Pada akhir Januari, Menteri Pertahanan Annegret Kramp-Karrenbauer bertemu dengan Ketua Dewan Sentral Muslim, Aiman ​​Mazyek, pada pertemuan perwakilan agama Yahudi dan Muslim tingkat tinggi.

Kramp-Karrenbauer berbicara dengan salah satu rabi tentang perjanjian untuk memiliki rabi militer di Bundeswehr di masa depan. Dia kemudian menoleh ke Mazyek dan berkata bahwa dengan langkah itu tentara Muslim Jerman pun akan memiliki pengurus keagamaan di kamp militer.

"Dan langkah selanjutnya harus mengikuti. Kami akan memulai pembicaraan di beberapa titik dan melihat bagaimana kami akan mencapai itu," kata Kamp-Karrenbauer waktu itu.

Setelah melalui banyak diskusi, tidak ada tindakan nyata Mazyek bukan satu-satunya yang mengingat ini. Wartawan juga hadir. Setengah tahun berlalu dan perwakilan Dewan Pusat memberi tahu DW bahwa sejak pembicaraan itu tidak ada yang terjadi. Padahal mereka hanya harus mulai dan mengambil langkah untuk mengatur perawatan pastoral bagi tentara Muslim Jerman.

Sejak keputusan bersejarah dibuat satu setengah tahun yang lalu untuk membangun kapelan militer Yahudi oleh pemerintah federal dan Dewan Sentral Yahudi, telah ada negosiasi, politisi telah membicarakannya, menteri kabinet dan kedua majelis parlemen telah berunding dan memutuskan itu harus terjadi.

Ketika perjanjian untuk kapelan Yahudi ditandatangani, di hadapan Presiden Jerman Frank-Walter Steinmeier, oleh Kramp-Karrenbauer dan Josef Schuster, presiden Dewan Pusat Yahudi di Jerman. Perjanjian untuk Muslim tak dilakukan.

Kadang-kadang kalimat bergumam terdengar bahwa kapelan militer Muslim harus mengikuti. Dalam beberapa kasus, tanpa keraguan, hak untuk perawatan pastoral religius Angka-angka berbicara sendiri.

Hampir 185 ribu tentara saat ini bertugas di Bundeswehr. Dari mereka, sekitar 53.400 adalah Protestan dan hampir 41 ribu Katolik. Diperkirakan sekitar 300 tentara adalah pengikut agama Yahudi dan sekitar 3.000 adalah Muslim.

Belum lama berselang, uskup militer Protestan yang akan pergi, Sigurd Rink, memperkirakan ada antara 3.000 dan 4.000 pengikut Islam yang saat ini melayani di Bundeswehr. Tapi tidak ada orang yang bisa dihubungi. Lebih dari 3.000 tentara itu dinilai Nariman sebagai jumlah yang signifikan.

"Setiap prajurit adalah nomor yang relevan. Sekarang perawatan pastoral Yahudi dikelola, yang sudah lama tertunda. Tapi perawatan keagamaan Islam, mereka sepertinya tidak menginginkannya," kata Nariman.

Seorang Juru Bicara Kementerian Pertahanan mengklaim kepada DW bahwa di angkatan bersenjata, semakin banyak tentara dengan afiliasi agama Muslim melayani di militer.

"Mereka semua berhak mendapatkan perawatan pastoral dalam agama mereka," ungkapnya.

Kampanye pemilihan Bundestag memperlambat reformasi Pada prinsipnya, Kementerian Pertahanan Jerman menghitung satu pendeta untuk setiap 1.500 tentara.

Sudah lama dibicarakan

Lagi pula, hak untuk menjalankan kebebasan beragama tercantum dalam konstitusi. Uskup Militer Rink mengingat pembicaraan yang terjadi ketika mantan Menteri Pertahanan Ursula von der Leyen ada di kantor.

Von der Leyen, katanya, menanggapi masalah ini dengan sangat serius segera setelah menjabat, tetapi kemudian pemilihan Bundestag 2017 menghalangi jalannya. Pencarian untuk penghubung tetap, dan kementerian menahan negosiasi dengan Dewan Pusat Muslim.

Juru bicara Kementerian Pertahanan menekankan bahwa lembaga tersebut ingin memperluas tawaran perawatan pastoral ke sebanyak mungkin denominasi dan saat ini sedang dalam pembicaraan mengenai masalah tersebut.

Namun, karena bentuk organisasi yang sangat berbeda dari asosiasi keagamaan Muslim, implementasi konkret tidak dapat diprediksi saat ini. Sementara itu, Titik Kontak Sentral untuk Tentara Iman Lain (ZASaG), yang didirikan pada 2015, akan memberikan perawatan yang diperlukan. 

Jika seorang Jerman-Muslim terbunuh dalam tugas aktif pada misi asing, orang hanya dapat berspekulasi bahwa ZASaG akan dengan cepat menemukan seorang imam.

Saat ini, ada ribuan tentara Muslim yang siap mempertaruhkan hidup mereka untuk Jerman tanpa negara menawarkan kepada mereka segala bentuk perawatan keagamaan. Bantuan untuk Muslim yang bertugas di Angkatan Darat Amerika Serikat Dan begitulah hukum legal tetap.

Rink berbicara tentang kemungkinan menemukan pendeta yang belum tentu imam. Mazyek menemukan itu aneh, dan menyarankan ini adalah contoh lain dari non-integrasi Muslim.

Berbagai kelompok sosial, termasuk kelompok agama, diwakili dalam Dewan Penasihat Internal Bundeswehr, tetapi tidak ada yang mewakili komunitas Muslim. Undangan dibagikan secara pribadi, bukan sebagai kelompok. Itu juga bisa berlaku untuk Nariman Hammouti-Reinke, yang berjuang untuk Jerman di Afghanistan. 

Aiman ​​Mazyek, sebelum menambahkan bahwa ia dapat membayangkan bekerja sama dengan gereja-gereja dalam masalah ini. Ketika berbicara tentang para imam yang bekerja sebagai penjaga pastoral militer, ia menggunakan contoh Angkatan Darat Amerika Serikat. Letnan Nariman Hammouti-Reinke tahu tentang tentara Inggris yang mengenakan jilbab.

"Akankah terjadi sesuatu sebelum pemilihan federal pada musim gugur 2021? Sangat tidak mungkin ketika Anda melihat para rabi militer Yahudi, yang semua orang inginkan tetapi tetap membutuhkan waktu satu setengah tahun untuk menerapkannya. Itu tidak adil," kata Nariman.

Dia menyebut bahwa Islam masih belum tiba (dianggap) di Jerman, meskipun tentara-tentara Muslim Jerman sudah melayani negara tersebut.

"Kami sudah melayani negara kami. Negara kami adalah Jerman, dan kami juga akan memberikan hidup kami untuk Jerman," pungkasnya.  

Sumber:

https://www.dw.com/en/being-muslim-in-germanys-bundeswehr-means-no-pastoral-care/a-54317757

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement