Ahad 26 Jul 2020 08:31 WIB

Tarik Marquez di GP Andalusia, Honda Enggan Ambil Risiko

Marquez menjalani operasi pada bahu setelah terjatuh di GP Spanyol.

Rep: Muhammad Ikhwanuddin/ Red: Israr Itah
Pembalap Repsol Honda Marc Marquez.
Foto: Tahta Aidilla/Republika
Pembalap Repsol Honda Marc Marquez.

REPUBLIKA.CO.ID, JEREZ -- Bos tim MotoGP Repsol Honda Alberto Puig menegaskan pihaknya tak ingin mengambil risiko sehingga menarik pembalapnya Marc Marquez pada GP Andalusia di Sirkuit Jerez, Ahad (26/7). 

Marc Marquez dipastikan absen tampil di seri kedua MotoGP musim ini karena tidak mampu menyelesaikan rangkaian sesi latihan bebas dan kualifikasi balapan. Sang juara bertahan baru menjalani operasi pada bahu setelah terjatuh di GP Spanyol, juga di Sirkuit Jerez, pekan lalu. 

Baca Juga

"Jika kami tidak khawatir terhadap kondisinya, berarti kami gagal. Tentu kami cemas karena melihat betapa tidak mungkin ia melanjutkan balapan. Kami bisa mengerti kondisinya," kata Puig seperti dilansir Crash, Ahad (26/7). 

Kendati demikian, Marquez tetap hadir di sirkuit bahkan mengikuti sesi latihan ketiga. Puig menyampaikan, Marquez menyerah ketika hendak menyelesaikan sesi keempat. 

"Dia merasakan sakit. Uji coba tidak terlalu buruk, meski ada tulang yang patah namun ia memilih tetap melanjutkannya. Saat mencoba, dia semakin merasa sakit dan tidak nyaman," ucapnya. 

"Kami memilih untuk melewati seri balap ini. Kami memutuskan yang terbaik baginya adalah tidak ikut balapan," kata Puig. 

Di satu sisi, Fabio Quartararo meraih pole position keduanya musim ini setelah menyingkirkan Maverick Vinales di menit-menit terakhir babak kualifikasi Grand Prix (GP) Andalusia, Sirkuit Jerez, Spanyol, Sabtu (25/7). 

Pembalap tim Petronas Yamaha itu mencatatkan waktu satu menit 37,007 detik untuk unggul 0,095 detik dari Vinales setelah Marc Marquez mengakhiri lebih awal pada sesi kualifikasi.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement