Sabtu 25 Jul 2020 19:25 WIB

Jelang Piala AFC, Bima Sakti: Performa Timnas U-16 Positif

Bima masih mengagendakan beberapa kali uji coba melawan sejumlah tim.

Rep: Muhammad Ikhwanuddin/ Red: Endro Yuwanto
Pelatih timnas U-16 Indonesia Bima Sakti (kedua kanan) memimpin sesi latihan.
Foto: Antara/Aprillio Akbar
Pelatih timnas U-16 Indonesia Bima Sakti (kedua kanan) memimpin sesi latihan.

REPUBLIKA.CO.ID, BEKASI -- Pelatih tim nasional (timnas) sepak bola Indonesia U-16, Bima Sakti menyatakan, perkembangan skuat yang diasuhnya menuju ke arah positif. Bima mengaku timnya siap menyongsong Piala AFC U-16 pada November mendatang.

Tim asuhan Bima sukses mengalahkan tim Asosiasi Kabupaten Bekasi U-18 dengan skor telak 5-0, dalam laga persahabatan, Jumat (24/7) lalu. Rentetan gol timnas U-16 masing-masing ditorehkan oleh Marcel Januar Putra, Ahmad Athallah Araihan, Franciscus Valentino Amaral, dan dua gol Wahyu Agong Drajat Mulyono.

"Sebelum bertanding, kami lakukan rapid test terlebih dahulu, dan saya senang hasilnya mereka negatif, sehingga pertandingan dapat terlaksana dengan baik,” kata Bima dalam keterangan pers yang diterima Republika.co.id, Sabtu (25/7).

Bima pun puas dengan kinerja pemain, meskipun sudah lama tidak bermain. "Progres mereka sejauh ini bisa memberikan permainan terbaik dan maksimal. Alhamdulillah kami bisa bermain sesuai dengan metode permainan kami. Hasil bukan yang saya cari di sini.”

Mengenai pertandingan, Bima menganggap itu sebagai cerminan dari bentuk latihan sejauh ini. “Yang pasti kami baru bermain hari ini. Saya berharap progres mereka bisa lebih baik lagi nantinya,” ujarnya.

Setelah ini, Bima juga masih mengagendakan beberapa kali uji coba dengan sejumlah tim. Ia berharap, lawan-lawannya mampu memberikan tekanan lebih agar kemampuan anak asuhnya terus terasah.

"Pekan depan rencananya kami akan kembali mengadakan uji coba melawan Bina Taruna U-18. Semoga mereka bisa mempersiapkan timnya, bisa memberikan banyak pelajaran dan tekanan. Karena kami sama-sama belajar dari pertandingan nanti,” jelas Bima.

Timnas U-16 dipersiapkan untuk mengikuti Piala AFC U-16 2020 pada 25 November hingga 12 Desember mendatang di Bahrain. Pada ajang Piala AFC U-16 2020, Indonesia berada di Grup D bersama Arab Saudi, Cina, dan Jepang.

Empat tim yang lolos ke semifinal akan mendapatkan tiket ke Piala Dunia U-17 2021 di Peru. Indonesia merupakan satu-satunya negara dari Asia Tenggara yang tampil pada salah satu turnamen usia muda bergengsi se-Asia dua tahunan tersebut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement