Ahad 26 Jul 2020 00:34 WIB

Ratusan Guru di Kalbar Dites Covid-19

231 guru di Pontianak dan Kubu Raya dites swab

Petugas kesehatan melakukan tes usap (swab test) terhadap guru di SMUN 1 Pontianak, Kalimantan Barat
Foto: ANTARA/Jessica Helena Wuysang
Petugas kesehatan melakukan tes usap (swab test) terhadap guru di SMUN 1 Pontianak, Kalimantan Barat

REPUBLIKA.CO.ID, PONTIANAK  - Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Barat telah melakukan tes usap Covid-19 kepada 231 guru dan staf sekolah di sejumlah sekolah di Kota Pontianak dan Kubu Raya sejak Kamis (23/7) lalu.

"Sampai hari Jumat (24/7) kemarin, kita telah melakukan tes swab (usap) kepada 231 orang guru dan staf sekolah di tiga lokasi berbeda. Tes ini masih akan terus kita lanjutkan pada hari-hari berikutnya, sebagai langkah persiapan menjelang kegiatan belajar mengajar di sekolah dikembalikan," kata Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Barat dr. Harisson, Sabtu (25/7)

Pada Kamis (23/7), Dinkes Kalbar melakukan tes usap di SMAN 1 Pontianak dengan total 96 peserta terdiri atas guru PNS 45 orang, guru non-PNS (22), TU PNS (8), TU non-PNS (11), petugas keamanan (3), bagian laporan (3), dan petugas kebersihan (4).

Pada hari yang sama, Dinkes Kota Pontianak melakukan tes usap di SMPN 1 Pontianak dengan total 63 peserta, terdiri atas guru PNS 41 orang, guru honorer (10), honorer perpustakaan (1), petugas kebersihan (3), kepala laboratorium (1), penjaga sekolah (1), satpam (3), tukang (1), TU (1), dan petugas UKS (1).

Pada Jumat (24/7), tes usap dilakukan di SMA 1 Sungai Raya dengan total 72 peserta, terdiri atas guru PNS 42 orang, PNS TU (3), dan honorer (27).

Harisson menjelaskan tes usap kepada guru di SMA se-Kalbar untuk mendukung rencana pembukaan kembali kegiatan belajar mengajar di sekolah secara tatap pada 1 Agustus mendatang.

"Sesuai rencana, mulai tanggal 1 Agustus mendatang kegiatan belajar mengajar akan dilakukan untuk jenjang pendidikan SMA, maka Dinas Kesehatan diminta bapak gubernur untuk melaksanakan tes usap untuk guru dan petugas penunjang di seluruh sekolah, baik negeri maupun swasta," katanya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement