Wednesday, 9 Ramadhan 1442 / 21 April 2021

Wednesday, 9 Ramadhan 1442 / 21 April 2021

Dua Penumpang Positif Covid-19 dari Sentani Lolos Terbang

Sabtu 25 Jul 2020 13:22 WIB

Rep: Antara/ Red: Erik Purnama Putra

Sejumlah calon penumpang berjalan di landasan menuju pesawat (ilustrasi)

Sejumlah calon penumpang berjalan di landasan menuju pesawat (ilustrasi)

Foto: ANTARA/AHMAD SUBAIDI
Dua orang dari Bandara Sentani menuju Bandara Wamena dites hasilnya positif Covid-19.

REPUBLIKA.CO.ID, WAMENA -- Dua orang positif Covid-19 dilaporkan lolos dari pemeriksaan dan terbang dengan menggunakan salah satu maskapai bersama penumpang sehat lainnya dari Bandara Sentani, Jayapura ke Bandara Wamena di Kabupaten Jayawijaya, Papua pada Jumat (25/7).

Ketua Tim Gugus Tugas Percepatan Penangan Covid-19 Jayawijaya, Jhon Richard Banua mengatakan, dua orang itu baru dideteksi terjangkit Covid-19 setelah dilakukan tes cepat dan swab pada hari yang sama di Bandara Wamena.

"Hari Jumat jadwal masuk penerbangan yang terakhir karena kita akan tutup Bandara Wamena. Namun dari penumpang yang diangkut dari Jayapura, lagi-lagi tim kesehatan menemukan dua kasus baru," katanya di Wamena, ibu kota Kabupaten Jayawijaya, Sabtu (25/7).

Jhon mengatakan, penambahan 25 pasien Covid-19 yang sementara dirawat di Jayawijaya dibuktikan melalui pemeriksaan tim medis. Peningkatan jumlah pasien positif Covid-19 selama Bandara Wamena dibuka untuk penerbangan penumpang.

"Saya harap masyarakat jangan berpikir kita sengaja menambah kasus Covid-19 agar mendapat tambahan anggaran dari pusat. Saya perlu luruskan bahwa sampai sekarang tidak ada anggaran bantuan dari Kementerian Kesehatan. Kami menggunakan APBD Jayawijaya," kata Jhon.

Dia berharap, Jayawijaya nol dari kasus corona, namun masih belum bisa terwujud. "Kenyataan karena akses bandara dibuka kembali maka ada hasil peningkatan pasien Covid-19 di Jayawijaya yang cukup signifikan dalam waktu singkat," kata John.

Jhon mengatakan, selama penutupan Bandara Wamena untuk 14 hari ke depan sejak Senin (27/7), tim akan melihat perkembangan jumlah kasus di Jayawijaya. Tim juga direncanakan melakukan pemeriksaan kepada masyarakat di wilayah itu.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA