Sabtu 25 Jul 2020 08:00 WIB

September Nanti, Stadion di Italia Terbuka untuk Penonton

Pihak berwenang masih perlu mengkaji berdasarkan data kasus covid-19.

Rep: Frederikus Bata/ Red: Endro Yuwanto
Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Italia Vincenzo Spadafora.
Foto: EPA-EFE/CLAUDIO ONORATI
Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Italia Vincenzo Spadafora.

REPUBLIKA.CO.ID, ROMA -- Sebuah kabar penting datang dari Italia. Pemerintah negara tersebut berpotensi mengizinkan penggemar sepak bola menonton langsung di stadion.

Tapi bukan untuk saat ini. Pihak berwenang masih perlu mengkaji berdasarkan data kasus covid-19 dari waktu ke waktu.

"Jika kurva epidemiologis memungkinkan, seharusnya pada September nanti, kami bisa melihat penggemar di stadion," kata Menteri Olahraga Italia, Vincenzo Spadafora, kepada Radio Rai, dikutip dari Football Italia, Sabtu (25/7).

Namun, andai berjalan sesuai rencana, tetap saja, tribun tidak sepadat biasanya. Bagaimanapun, semua harus mengikuti protokol kesehatan. Salah satunya mengenai keharusan penonton menjaga jarak aman.

"Ini bisa menjadi masalah utama, tapi sebenarnya tidak terlalu sulit, jika penggemar tetap berada di kursi yang disediakan, menyisakan celah di antara mereka," tambah laporan dari Football Italia.

Selain jaga jarak, arena pertandingan dilengkapi sistem yang menjamin kenyamanan di era kenormalan baru. Stadion Grande Olimpico Torino menjadi percontohan.

Di stadion tersebut, ada sistem yang memeriksa suhu tubuh. Kemudian saat berjalan melewati pintu masuk, para penggemar disemprot zat anti bakteri. Jika melihat dari target waktu, itu berarti kebijakan di atas terealisasi pada musim baru.

Sebab untuk saat ini, belum ada perubahan. Sejak restart, para penonton dilarang berada di stadion. Semua menyaksikan tim kesayangannya berlaga, dari rumah masing-masing. Juventus berada di singgasana tabel klasifika dengan mengantongi 80 poin dari 35 laga. Serie A Liga Italia musim ini, menyisakan tiga pertandingan lagi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement