Sabtu 25 Jul 2020 02:48 WIB

NASA dan SpaceX akan Kembali Luncurkan Astronaut

NASA dan SpaceX akan meluncurkan operasional astronot yang pertama di akhir September

Rep: Abdurrahman Rabbani/ Red: Dwi Murdaningsih
Peluncuran astronaut NASA dengan kapsul Crew Dragon milik SPaceX.
Foto: AP/Charlie Riedel
Peluncuran astronaut NASA dengan kapsul Crew Dragon milik SPaceX.

REPUBLIKA.CO.ID, NEW YORK -- Badan Antariksa AS (NASA) dan SpaceX menargetkan untuk mengulang penerbangan bersejarah uji terbang Crew Dragon pada Mei lalu. Nasa dan SpaceX rencana akan melakukan peluncuran operasional astronot yang pertamanya di akhir September 2020.

NASA mengumumkan, tiga astronot Amerika Serikat, bernama Victor Glover, Michael Hopkins dan Shannon Walker akan bergabung dengan Soichi Noguchi, seorang astronot dari badan antariksa Jepang, JAXA, dalam misi ke Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS). Misi dijadwalkan akan lepas landas di Pusat Antariksa Kennedy Florida.

Baca Juga

Misi tersebut, dijuluki Crew-1. Ini akan menjadi penerbangan operasional pertama penuh dari SpaceX's Crew Dragon. Crew Dragon adalah pesawat ruang angkasa yang dikembangkan oleh perusahaan eksplorasi Elon Musk yang dirancang untuk mengangkut astronot NASA ke ISS.

Crew-1 akan mengikuti SpaceX dan misi Demo-2 NASA, yang membawa astronot NASA Robert Behnken dan Douglas Hurley ke ISS setelah diluncurkan dari Pusat Antariksa Kennedy Florida pada 30 Mei. Behnken dan Hurley, keduanya pilot uji yang dipilih khusus untuk menerbangkan Crew Dragon on misi berawaknya yang pertama, diperkirakan akan pulang dari ISS pada 2 Agustus.

Demo-2 secara teknis merupakan misi uji coba. NASA menunggu sampai kendaraan Crew Dragon yang membawa mereka ke ISS dapat dengan aman mengembalikan Behnken dan Hurley ke Bumi sebelum mensertifikasi kapsul yang layak untuk misi luar angkasa manusia. Peluncuran Crew-1 tidak akan menerima lampu hijau resmi dua astronaut sebelumnya kembali.

NASA juga mengatakan dalam siaran pers bahwa pihaknya terus memantau situasi virus Corona, batas akan diberi akses ke Kennedy Space Center untuk meliput peluncuran untuk melindungi kesehatan dan keselamatan media dan karyawan.

Tetapi CEO SpaceX, Elon Musk, telah mengatakan dalam serangkaian tweet, ia berpikir lockdown virus Corona di Amerika Serikat berlebihan dan berbagi informasi yang salah tentang ancamannya.

Tetap beroperasi saat pandemi

Industri luar angkasa AS sebagian besar tetap terbuka untuk bisnis di tengah pandemi karena operasinya secara luas dianggap penting oleh pejabat federal dan negara bagian, meskipun NASA telah menghentikan sebagian besar operasinya. Bridenstine mengatakan bahwa mempertahankan ISS sepenuhnya menjadi staf adalah salah satu prioritas utama badan tersebut.

“Desain stasiun membutuhkan manusia yang tinggal di atas kapal untuk memeliharanya, mengoperasikannya, dan meningkatkannya; dengan demikian, operasi Stasiun Luar Angkasa Internasional, termasuk pasokan komersial dan awak komersial, sangat penting untuk misi," kata Bridenstine pada Mei lalu.

SpaceX bekerja selama satu dekade untuk mengembangkan pengganti untuk program Pesawat Ulang-alik NASA, yang pensiun pada 2011. SpaceX bekerja di bawah kontrak dengan harga tetap 2,6 miliar dolar dengan NASA yang mencakup desain, pengembangan, pengujian, dan beberapa penerbangan Crew Dragon yang pertama.

Meskipun sebagian besar didanai oleh pembayar pajak, SpaceX merancang dan memiliki kapsul Crew Dragon dan roket Falcon 9 yang mereka terbangi. NASA berfungsi sebagai pelanggan SpaceX, membeli kursi untuk para astronot sesuai kebutuhan. Sementara itu, SpaceX dapat mendaftarkan penumpangnya sendiri, termasuk wisatawan, ilmuwan, dan bahkan bintang film untuk misi masa depan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement