Jumat 24 Jul 2020 20:12 WIB

Sulsel Siapkan 30.000 Bibit untuk Pengembangan Jeruk Selayar

Penangkaran bibit sudah dilakukan dan kini siap di tanam

Jeruk Selayar (ILustrasi)
Foto: ANTARA/ARI BOWO SUCIPTO
Jeruk Selayar (ILustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, MAKASSAR -- Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Selatan melalui Dinas Ketahanan Pangan, Tanaman Pangan dan Hortikultura Sulsel menyiapkan 30.000 bibit untuk pengembangan produksi jeruk Selayar.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Tanaman Pangan dan Hortikultura Sulsel Andi Ardin Tjatjo mengatakan penangkaran bibit sudah dilakukan dan kini siap di tanam di sejumlah lahan di Kepulauan Selayar.

Baca Juga

"Untuk penanaman pertama, kita rencanakan bisa dilakukan diawal musim hujan," katanya.

Ia menjelaskan, persoalan ketersediaan air masih menjadi masalah yang dialami di Kepulauan Selayar. Sehingga pihaknya memutuskan untuk memanfaatkan musim penghujan agar pertumbuhan bibit jeruk Selayar bisa optimal.

"Salah satu kendala jeruk Selayar yang dihadapi karena ketersediaan air," ujarnya.

Selain itu, kata dia, pihaknya juga tengah berupaya memanfaatkan teknologi, misalnya seperti menerapkan konsep pompalisasi tetes yang bisa memberikan suplai air ke tanaman.

Ia menjelaskan, konsep ini bisa dilakukan secara berkesinambungan meskipun kapasitas air tidak namun bisa sesuai yang dibutuhkan tanaman.

"Kami butuh teknologi untuk mengatasi masalah ketersediaan air di Selayar. Kita bersyukur Ranperda kerja sama Pemprov dengan Provinsi Ehime sudah disetujui DPRD sehingga biasa mempelajari alih teknologi," ujarnya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement