Jumat 24 Jul 2020 16:31 WIB

Delapan Nakes di Banyumas Sembuh dari Corona

Sebelas nakes yang masih positif dalam kondisi baik.

Rep: Eko Widiyatno/ Red: Ilham Tirta
Tenaga kesehatan (Nakes).
Foto: ANTARA/FB Anggoro
Tenaga kesehatan (Nakes).

REPUBLIKA.CO.ID, PURWOKERTO -- Sebanyak 19 tenaga kesehatan di Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, yang sebelumnya dipastikan terjangkit Covid 19, dalam kondisi baik. Kepala Dinas Kesehatan Banyumas, Sadiyanto menyebutkan, delapan orang diantaranya sudah sembuh.

''Yang sudah sembuh, sudah diizinkan pulang ke rumahnya,'' jelasnya, Jumat (24/7).

Dia menyebutkan, sejak awal ke-19 tenaga kesehatan itu memang dalam kondisi baik. Perawatan di rumah sakit lebih pada upaya pencegahan agar virusnya tidak menular pada orang lain.

''Untuk itu, saat hasil swab berikutnya dinyatakan tidak ada lagi negatif virus Covid-19, pasien diizinkan pulang,'' katanya.

Kondisi 11 nakes yang masih positif tersebut juga dalam kondisi baik. Soal darimana mereka tertular penyakit tersebut, Sadiyanto mengaku tidak bisa memastikan. Dugaan awal, tertular dari pasien yang datang ke puskesmas, atau dari warga lainnya.

Sementara, terkait kewajiban mengenakan masker di luar rumah, petugas Satpol PP dan instansi terkait, masih terus melakukan razia di berbagai lokasi. ''Sampai saat ini, kami masih terus melakukan razia untuk memastikan ketaatan warga mengenakan masker,'' jelas Kabid P2D Satpol PP Banyumas, Guntur Eko Diantoro.

Dia menyebutkan, sejak razia masker rutin dilaksanakan 8 Mei lalu, pihaknya telah melakukan tindakan terhadap 400 warga yang melanggar perda masker. Setiap pelanggar dilakukan sidang tipiring dengan sanksi denda.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement