Kamis 23 Jul 2020 21:49 WIB

Gawai Bukan Peran Penting Bagi Anak Di Tengah PJJ

Perang orang tua memotivasi anak lebih penting dibandingkan gawai saat PJJ

Rina Fatimah, selaku Direktur SMART Edunesia Dompet Dhuafa, dalam talkshow Hari Anak Nasional di channel Youtube Dompet Dhuafa TV
Foto: Dompet Dhuafa
Rina Fatimah, selaku Direktur SMART Edunesia Dompet Dhuafa, dalam talkshow Hari Anak Nasional di channel Youtube Dompet Dhuafa TV

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Luasnya Indonesia menyisakan tantangan infrastruktur digital yang saat ini belum merata. Infrastruktur digital memadai merupakan prasyarat utama dalam penyelenggaraan Pembalajaran Jarak Jauh (PJJ). 

Menurut Whisnu Triwibowo, Dosen Ilmu Komunikasi Universitas Indonesia, selain ketersediaan infrastruktur digital, status sosial-ekonomi juga memengaruhi tingkat kompetensi dan literasi dalam penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK). Adanya kesenjangan digital berpotensi memicu ketimpangan sosial yang berdampak pada kualitas pembelajaran siswa.

Dalam talkshow Hari Anak Nasional di channel Youtube Dompet Dhuafa TV, publik figur Nola B3 menyatakan pembelajaran jarak jauh bisa membosankan dan sulit membuat anak fokus. Apalagi di saat kondisi pandemi, sebenarnya anak-anak juga tertekan.

Oleh karena itu sebagai orang tua, Nola mengaku tak ingin membuat anak tertekan dan mendorong mereka nyaman dengan kondisi belajar jarak jauh. "Memotivasi anak untuk belajar dengan baik adalah cara cerdas, pandemi seperti ini kita bisa menjalin hubungan baik dengan anak. Keinginan kami, ingin anak-anak bertumbuh demgan sehat, tumbuh bahagia dan bisa dijalankan dengan senang hati. Sehingga tetap menjadi anak-anak yang positif,” tutur Nola B3, sosok publik figur, pada Kamis (23/7). 

Rina Fatimah, selaku Direktur SMART Edunesia Dompet Dhuafa, menambahkan bahwa, saat ini semua dalam tahap program recovery dari pandemi Covid-19, salah satunya di bidang pendidikan. Menurut survei dan riset dari Kemendikbud, saat menerapkan metode pembelajaran jarak jauh, 97,6 persen masyarakat setuju dengan proporsi penerapan belajar di rumah. 

Hanya saja kemudian berbeda hasil yang diperoleh dengan responden para guru. Ternyata tidak semuanya siap dengan pembelajaran jarak jauh. Ada hasil survei 67,11 persen guru belum siap dengan mengoptimalisasi peran gadget. Tantangan pembelajaran jarak jauh banyak ditemui di lapangan, mulai dari jangkauan internet, peralatannya dan lain sebagainya. 

Strategi dari program tersebut menyediakan fasilitas pendukung (internet, gawai, listrik, laptop dan lain-lain) untuk menunjang pembelajaran dari rumah. "Lebih baik juga dengan membuat skema atau model pembelajaran yang bisa dilakukan guru dan siswa yang tidak memiliki akses internet dengan memanfaatkan lingkungan rumah, atau memberikan pelatihan dan pendampingan manajemen pembelajaran jarak jauh (daring) baik dari sisi guru maupun murid dan mendorong guru menggunakan media komunikasi alternatif, khususnya media sosial," ujar dia.

Di sisi lain, Seto Mulyadi yang juga pakar dan pemerhati anak mengatakan, semua anak pada dasarnya cerdas, maka itu hargai kecerdesan anak yang berbeda-beda. Oleh karena itu, prinsip mendidik anak agar senang dan menghilangkan rasa bosan di rumah, yang harus diterapkan yakni kasih sayang, keteladanan dari contoh-contoh yang nyata, komunikasi, apresiasi seperti acungan jempol pada anak dan bimbingan. Pendidikan saat ini harus lebih ramah anak. 

"Sehingga jangan terlalu dipaksakan anak-anak dalam bersekolah. Kekerasan dalam sekolah akan berdampak negatif pada karakter anak-anak, yang harus diperhatikan kembali adalah isi standar pendidikan mulai dari etika, estetika, iptek, nasionalisme dan kesehatan. Selain itu anak dari kecil jangan terlalu dihidangi teknologi canggih. Kembangkan komunikasi efektif dari guru ke orang tua dan anak. Sehingga orang tua menjadi fasilitator kepada anak dalam belajar," ucap dia.

“Gawai atau gudget bisa menjerumuskan anak-anak ke ranah sikap negatif. Maka itu harus diimbangi dengan kegiatan-kegiatan yang menuntut psikomotorik maupun aktivitas yang bervariasi. Sehingga anak-anak mendapatkan pengalaman lain daripada gadget,” tutur Seto Mulyadi menambahkan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement