Monday, 7 Ramadhan 1442 / 19 April 2021

Monday, 7 Ramadhan 1442 / 19 April 2021

Film Mendiang Robin Williams dengan Rating Tertinggi

Kamis 23 Jul 2020 17:30 WIB

Rep: Santi Sopia/ Red: Qommarria Rostanti

Salah satu adegan di film Good Will Hunting.

Salah satu adegan di film Good Will Hunting.

Foto: Miramax Films.
Robbin Williams mulai dikenal berkat aktingnya sebagai Popeye pada 1980.

REPUBLIKA.CO.ID, LOS ANGELES -- Robin Williams merupakan salah satu aktor populer di dunia. Dia mulai dikenal berkat debutnya di layar lebar sebagai Popeye pada 1980.

Mendiang Williams memperlihatkan karakter yang sensitif, sisi melankolis, sekaligus dramatis. Pada tahun 1987, karier Williams menanjak lewat Good Morning, Vietnam karya Barry Levinson, yang menjadi box office dan membuat aktor kelahiran 1951 itu masuk nominasi Oscar pertamanya.

Itu menjadi bagian tak terpisahkan dari film-film Amerika era Presiden Ronald Reagan seperti First Blood and Platoon yang mendefinisikan kembali persepsi Amerika tentang Perang. Film lain Williams yang mendapatkan pujian sekaligus pengakuan akademi yang kuat, termasuk Dead Poets Society, Awakenings, dan The Fisher King.

Williams tiba-tiba memberi kejutan dengan muncul dalam karya yang menjadi "santapan" keluarga, dimulai dari film Hook tahun 1991, kemudian Aladdin, Ny. Doubtfire, Jumanji, hingga Flubber.

Popularitas Williams meroket pada 1990-an, termasuk berkat Good Will Hunting yang mengantarkannya mendapatkan nominasi Oscar. Lagi-lagi Williams juga mengejutkan setelah muncul sebagai sosok malaikat gelap pada 2002 lewat Death to Smoochy, Insomnia, dan One Hour Photo.

Namun perannya di film Old Dogs, Man of the Year, atau Licence to Wed mungkin tetap mengingatkan pada karakter menyenangkan. Pertunjukan terakhir di layar Williams adalah Boulevard 2015, dan peran suaranya yang terakhir ditampilkan pada 2017 untuk Absolutely Anything. Dia juga memiliki film dokumenter Robin Williams: Come Inside My Mind.

Berikut beberapa film Robin Williams dengan rating tertinggi menurut laman Rotten Tomatoes, Kamis (23/7):

1. Good Will Hunting (1997)

Film ini mengikuti alur naratif yang dapat diprediksi, tetapi menambah cukup banyak keanehan dalam perjalanan dan sarat dengan pertunjukan cukup kuat. Alhasil, film menjadi drama yang menghibur dan emosional.

Film menceritakan tentang pikiran yang paling cemerlang di universitas top Amerika bukan dari seorang mahasiswa, tetapi dari adalah anak pembersih lantai. Film dibintangi Matt Damon, Robin Williams, Ben Affleck, dan Minnie Driver. Film ini mendapatkan rating 97 persen.

2. Aladdin (1992)

Aladdin menjadi sebuah entri yang sangat menghibur di era kebangkitan Walt Disney. Film dibuat indah, dengan lagu-lagu yang nyaris klasik dan tokoh-tokoh yang mencuri perhatian. Robin Williams menjadi pengisi suara jin yang memusingkan dan kocak sehingga menjadi daya tarik utama dalam film yang diarahkan John Musker dan Ron Clements itu. Film ini memperoleh rating 95 persen.

3. Hamlet (1996)

Adaptasi karya Shakespeare yang luas dan bertekstur halus ini sesuai dengan materi sumbernya. Film menampilkan pertunjukan yang dan fokus sinematik yang tajam untuk membuat film resonansi yang kuat dengan durasi 246 menit. Film menceritakan seorang Pangeran Hamlet dari Denmark, putra Raja Hamlet yang baru saja meninggal, dan keponakan Raja Claudius, saudara lelaki dan penggantinya. Claudius buru-buru menikahi janda Raja Hamlet, Gertrude, ibu Hamlet, dan mengambil takhta untuk dirinya sendiri. Film ini mendapat rating 95 persen.
 
4. Insomnia (2002)

Insomnia adalah drama psikologis yang cerdas dan memukau. Film menceritakan seorang detektif yang kurang tidur dikirim ke sebuah kota kecil Alaska untuk menyelidiki pembunuhan seorang gadis remaja. Film diibintangi Al Pacino, Robin Williams, Hilary Swank, dan Maura Tierney dengan penyutradaraan oleh Christopher Nolan. Film ini memndapatkan rating 92 persen.


5. Good Morning, Vietnam (1987)

Film dianggap perpaduan yang baik antara unsur komedi dan drama pedih oleh kritikus. Film menawarkan tampilan yang menawan pada berbagai macam hadiah sinematik Robin Williams. Film menceritakan latar yang dimulai pada 1965, ketika disjoki Adrian Cronauer (Robin Williams) ditugaskan untuk mengambil alih AFR's Saigon. Film dibintangi Robin Williams, Forest Whitaker, Bruno Kirby, JT Walsh, dan disutradarai oleh Barry Levinson. Film ini meraih rating 90 prsen.

 

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA