Kamis 23 Jul 2020 16:56 WIB

Nissan Z Series Baru Masih Pakai Mesin Konvensional

Nissan Z Series belum hadir dalam format hybrid.

Rep: Eric Iskandarsjah Z/ Red: Dwi Murdaningsih
Nissan Z Series
Foto: caranddriver
Nissan Z Series

REPUBLIKA.CO.ID, YOKOHAMA -- Dalam segmen sportcar, Nissan memiliki sejumlah andalan seperti Nissan GT-R dan Nissan Fairlady atau Z Series. Saat ini, pabrikan Jepang itu pun telah bersiap untuk menghadirkan penyegaran untuk Z Series.

Dilansir dari Cnet pada Kamis (23/7), Nissan menekankan bahwa saat ini Z Series masih akan dihadirkan dalam mesin konvensional atau internal-combustion engine. Artinya, sportscar ini belum akan tersentuh oleh teknologi elektrifikiasi powertrain atau pun hybrid.

Baca Juga

Namun, tak menutup kemungkinan bahwa mobil tersebut nantinya akan hadir dengan teknologi ramah lingkungan. Hanya saja, kehadiranya dipastikan tak akan diluncurkan dalam waktu dekat ini.

Nissan menyebut, untuk segmen sportscar, kemungkinan besar Nissan tidak akan langsung bermain dengan mesin full listrik. Artinya, Nissan berencana akan melakukan eleketrifikasi dengan terlebih dahulu menggunakan mesin hybrid.

Keputusan ini ditetapkan karena Nissan menilai teknologi full listrik masih belum sesuai untuk digunakan dalam sportscar. Terutama, dari sisi bobot baterai dan dari sisi pengisian daya baterai.

Penyegaran yang tengah disiapkan saat ini sendiri merupakan produk Nissan 400 Z. Rencananya, produk ini akan dihadirkan pada tahun 2021.

Selain hadir dengan penampakan baru, 400Z pun akan didukung dengan tenaga 400bhp lewat mesin V6 twin turbo. Menariknya, logo dan sejumlah desain eksterior dari produk ini terinspirasi dari sejumlah pendahulu dalam keluarga besar Z series.

Meski detil spesifikasi belum diungkapkan, tapi Nissan memastikan bahwa interior 400Z akan didukung dengan desain dan fitur mutakhir. Soal platform, kemungkinan besar mobil ini akan melakukan adaptasi dari Infiniti Q50 dan Q60.

Artinya, 400Z boleh jadi akan didukung oleh mesin 3 liter V6. Tapi, tentu 400Z akan hadir dengan performa yang lebih baik dari Infiniti karena 400Z dikemas dalam bobot yang lebih ringan.

Diperkirakan, 400Z akan hadir dalam pilihan transmisi manual dan matic. Selain itu, versi Nismo juga akan dipasarkan dengan menawarkan tenaga yang lebih besar dan suspensi yang lebih sporty.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement