Kamis 23 Jul 2020 13:11 WIB

Alami Kerugian karena Covid-19, Madrid Siap Cuci Gudang

Ada empat nama di posisi teratas dalam daftar jual klub Real Madrid.

Rep: Frederikus Bata/ Red: Endro Yuwanto
Pelatih Real Madrid Zinedine Zidane di Santiago Bernabeu.
Foto: Republika
Pelatih Real Madrid Zinedine Zidane di Santiago Bernabeu.

REPUBLIKA.CO.ID, MADRID -- Pandemi Covid-19 membuat klub Eropa mengalami krisis ekonomi. Tak terkecuali Real Madrid.

Juara La Liga Spanyol musim 2019/2020 itu mengalami kerugian hingga 200 juta euro akibat situasi tersebut. Bagaimana solusi yang diambil Madrid menyikapi permasalahan finansial ini?

"Mereka akan menjual beberapa pemain yang terpinggirkan," demikian laporan yang dikutip dari Marca, Kamis (23/7).

Ada empat nama di posisi teratas dalam daftar jual Los Blancos. Pertama, James Rodriguez. Bukan rahasia lagi kalau gelandang asal Kolombia itu, tidak sesuai dengan karakter yang diinginkan pelatih Madrid Zinedine Zidane.

Walhasil, jika memilih bertahan di Santiago Bernabeu, James bakal semakin rajin duduk di bangku cadangan. Sepanjang musim 2019/2020 bergulir, ia hanya tampil dalam delapan partai La Liga.

Jelas, James butuh pelabuhan baru. Kebetulan kontrak yang bersangkutan bersama Madrid, tersisa setahun lagi. El Real tentu memilih menjual sang gelandang, ketimbang menunggu hingga bebas transfer.

Masalahnya di gaji. Selama di Los Blancos, James mendapat upah delapan juta euro per musim. Para peminat dinilai sulit memenuhi standar tersebut, mengingat krisis ekonomi karena covid-19, belum benar-benar berakhir. Ada sejumlah tim yang dikaitkan dengan James, antara lain Benfica, AC Milan, Inter Milan, juga Manchester United. "Hanya Iblis Merah yang paling memungkinkan mendapatkan jasa James," tambah laporan dari Marca.

Berikutnya Gareth Bale. Situasi Bale, setali tiga uang dengan James. Pemain sayap asal Wales ini bukan pilihan utama Zidane. Madrid bisa saja melepas eks Tottenham Hotspur itu. Lagi-lagi tingginya gaji sang winger dinilai menghambat proses transfer.

Selama di El Real, Bale mendapat bayaran 17 juta euro per tahun. Jumlah yang sulit dipenuhi oleh klub lain. Selanjutnya ada Mariano Diaz, dan Luka Jovic.

Madrid menjadikan empat nama di atas sebagai prioritas. Konteksnya tentang siapa saja yang bakal dilepas klub tersebut, setelah musim ini berakhir.

Masih ada beberapa yang diizinkan pergi. Artinya Madrid memberikan kebebasan untuk para jugador tersebut menentukan pilihan.

Para pemain itu adalah Luka Modric, Nacho Fernandez, dan Lucas Vazquez. Kemudian, sejumlah nama kembali dari masa peminjamn, antara lain Dani Ceballos, Alvaro Odriozola, Oscar Rodriguez, Jesus Vallejo, Borja Mayoral, Alberto Soro, juga Jorge de Frutos.

Jika ada tawaran untuk Ceballos dkk, Si Putih siap bernegosiasi. Artinya bisa saja mereka dipermanenkan klub peminjam. Atau setelah kembali ke Madrid, Vallejo dkk langsung dibeli tim lain.

Kasus demikian terjadi pada Achraf Hakimi. Setelah selesai menjalani masa peminjaman di Borussia Dortmund, yang bersangkutan tidak dipermanenkan klub tersebut. Hakimi dibeli Inter Milan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement