Kamis 23 Jul 2020 10:24 WIB

LAZ Solopeduli Himpun Dana ZIS Rp 12 Miliar

Ada lebih dari 200 ribu penerima manfaat yang telah menerima berbagai program

Rep: binti sholikah/ Red: Hiru Muhammad
LAZ Solopeduli menyerahkan laporan semester I tahun 2020 kepada Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Jawa Tengah, Rabu (22/7). Selama semester I 2020, LAZ Solopeduli berhasil menghimpun dana zakat, infak dan sedekah senilai hampir Rp 12 miliar.
Foto: dok. LAZ Solopeduli
LAZ Solopeduli menyerahkan laporan semester I tahun 2020 kepada Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Jawa Tengah, Rabu (22/7). Selama semester I 2020, LAZ Solopeduli berhasil menghimpun dana zakat, infak dan sedekah senilai hampir Rp 12 miliar.

REPUBLIKA.CO.ID, SOLO--Lembaga Amil Zakat (LAZ) Solopeduli mencatatkan penghimpunan dana zakat, infak dan sedekah (ZIS) senilai hampir Rp 12 miliar selama semester I tahun 2020. Dana ZIS tersebut telah disalurkan semuanya kepada para mustahiq.

LAZ Solopeduli menyerahkan laporan semester I tahun 2020 kepada Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Jawa Tengah yang berisi data penghimpunan dana zakat, infak dan sedekah (ZIS), pendayagunaan dan penyaluran, dan laporan keuangan.

Laporan tersebut diserahkan oleh Direktur Utama Solopeduli, Sidik Anshori kepada Ketua Baznas Provinsi Jawa tengah, Ahmad Darodji di Kantor Baznas Jawa Tengah di Semarang pada Rabu (22/7).

"Walau di semester pertama ada pandemi Covid-19. Tapi alhamdulillah Solopeduli masih diberi kepercayaan dari para donatur untuk mengelola ZIS. Dan hampir Rp 12 miliar telah kami himpun dan terus kami salurkan sejumlah Rp 12 miliar juga kepada para mustahiq," terang Sidik Anshori seperti tertulis dalam siaran pers yang diterima Republika, Kamis (23/7).

Sidik menyatakan, ada lebih dari 200 ribu penerima manfaat yang telah menerima berbagai program dari Solopeduli di semester pertama. Dengan sebaran program di seluruh Jawa Tengah, mulai ujung Banyumas sampai Jepara, dari Wonogiri sampai Rembang."Semoga atas penyerahan laporan ini, Solopeduli semakin profesional dan bisa mengemban amanah masyarakat," harap Sidik.

Solopeduli merupakan lembaga amil zakat skala provinsi yang bergerak dalam penghimpunan dan penyaluran dana zakat, infaq, sedekah, wakaf (Ziswaf) dan dana sosial lainnya. Solopeduli menyalurkan dana Ziswaf dan dana sosial untuk Program Pendidikan seperti beasiswa tingkat SD hingga perguruan tinggi, Program kesehatan seperti pelayanan dua klinik di Solo dan di Sukoharjo, bakti sosial, santunan kesehatan, serta program layanan delapan ambulans.

Selain itu, program ekonomi seperti pemberian modal usaha dan santunan ekonomi keluarga, santunan untuk dakwah seperti bantuan pembangunan dan benah masjid, santunan alat ibadah, program ramadhan, program Idhul Adha dan program sosial lainnya.

Solopeduli memiliki kantor cabang di seluruh Solo Raya, unit pengumpul zakat hampir di seluruh kota di Jawa Tengah, cabang di Yogyakarta, Bekasi dan Jakarta. Solopeduli juga memiliki jaringan relawan sosial kemanusiaan yang hampir tersebar di kota-kota besar di Indonesia.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement